Jaringan Bitcoin Cash Telah Lulus Uji Stres Tahap Pertama

Uji stres Bitcoin Cash yang berlangsung awal September ini membuktikan bahwa jaringan BCH bisa memproses 2 juta transaksi per hari, melebihi kemampuan Ripple, Ethereum, dan Bitcoin Classic.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Pada awal bulan September 2018, stress test (uji stres) resmi dilakukan terhadap jaringan Bitcoin Cash (BCH). Para penambang membanjiri jaringan dengan 2 juta transaksi untuk memastikan kualitas kinerjanya. Rekor itu melampaui kekuatan Ripple (XRP) yang mampu menampung 1.7 juta transaksi per hari, juga jaringan Ethereum (ETH) yang mencatatkan kemampuan memproses 1.2 juta transaksi dalam kurun waktu 24 jam.

Uji stres jaringan BCH

Menurut statistik yang berasal dari situs data Fork.lol, rantai BCH telah memproses setidaknya 2,060,041 transaksi selama durasi uji stres. Statistik juga menunjukkan bahwa rantai BCH telah memproses 85,835 transaksi per jam, dan memiliki kapasitas untuk menangani 23.8 transaksi per detik. Tentu saja, para pendukung Bitcoin Cash ikut serta dalam peristiwa penting ini. Mereka berpartisipasi dalam uji stres dengan menggunakan alat seperti scale.cash.

 

Daya Pemrosesan Bitcoin Cash Jauh Melebihi BTC

Salah satu contoh catatan mengagumkan dalam uji stres BCH berasal dari blok besar yang melampaui rekor terbesar sebelumnya di 8 MB. Pada hari pengujian, blok berukuran 4-8 MB tetap ada, tapi terdapat juga blok dengan ukuran 9, 10, 13 ,14, bahkan hingga 15.2 MB. Operasi penambangan seperti Viabtc, BTC.top, Coingeek, BMG Pool, Waterhole, Bitcoin.com, dan lain-lain, dimanfaatkan secara khusus untuk mengolah ukuran blok yang jauh lebih besar dari 8 MB.

Meskipun ini hanyalah sebuah eksperimen, uji stres jariangan Bitcoin Cash telah menghasilkan pembuktian penting yang menampilkan keunggulannya, yakni kemampuan memproses 23 transaksi per detik. Kapasitas itu jauh lebih besar daripada jaringan Bitcoin Classic(BTC) yang hanya mampu memproses 3 transaksi per detik. Lebih jauh lagi, mereka yang terlibat dalam uji stres BCH bisa memproses ribuan transaksi per jam tanpa henti, dan para penambang yang memproses blok-blok besar dapat 'membersihkan' antrean transaksi dengan mudah.

Tidak seperti masalah skalabilitas di jaringan BTC yang terjadi pada Desember lalu, biaya jaringan Bitcoin Cash tetap rendah sepanjang waktu. Biaya median BCH pada hari stress test adalah $0.001 per transaksi, yang justru lebih rendah dari biasanya.

285183

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.