OctaFx

iklan

4 Mei 2016: DAX Dan Nikkei Kembali Uji Level Keseimbangan, Buy EUR/JPY

Level keseimbangan proyeksi berada pada EUR/JPY adalah 124.06 yang merupakan level prediksi tujuan harga selanjutnya, sehingga take profit dapat dipasang pada level tersebut dengan asumsi level tersebut merupakan level terdekat yang mungkin akan dituju harga.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Salam profit..!!

Pada tanggal 25 April lalu saya membuka posisi buy dengan alasan index harga saham dari negara pemilik kedua mata uang tersebut memberikan sinyal buy, namun harga berkata lain dan berlawanan dengan analisa saya, harga turun tajam sehingga posisi buy saya ditanggal tersebut terfloating minus.

Kini saya beruntung karena peluang buy muncul kembali, index DAX dan Nikkei sama-sama menyentuh level keseimbangan yang menurut pengalaman saya harga akan bereaksi terhadap level tersebut bahkan memantul sehingga saya memberanikan diri untuk melakukan buy sebagai buy perbaikan dari floating minus sebelumnya. Berikut keadaan akun saya dan ulasan analisa saya dalam melakukan buy kali ini:

 

Posisi Akun

Histori transaksi terakhir akun 1 (EUR/JPY), akun 2 (GBP/AUD), akun 3 (AUD/JPY):

Histori

Keadaan balance akun 1: (return 1.2348 %)
Keadaan balance akun 2: (return 0.9409%)
Keadaan balance akun 3: (return 0.8538 %)

Balance

 

Analisa Trend Mayor

1. Index DAX naik cukup tinggi di akhir minggu ini, namun pada akhirnya harga mengalami koreksi dan membuat harga turun hingga menyentuh level 9979.54. Dengan alasan tersebut saya memprediksikan bahwa index DAX akan mengalami pantulan. Dengan adanya pantulan pada DAX maka EUR akan ikut menguat dengan logika bahwa DAX menjadi salah satu tolok ukur penting bagi investor dalam menilai EUR.

DAX


2. Index Nikkei juga mengalami kenaikan, harga segera turun ketika buyer tak mampu menghadapi tekanan seller sehingga membuat harga jatuh hingga menyentuh level keseimbangan 16230.72. dengan tersentuhnya level tersebut maka harga akan bereaksi dan bahkan dapat memantul naik. Dengan kenaikan Nikkei maka JPY juga ikut menguat sehingga semakin memperkuat kenaikan EUR/JPY.

Nikkei

 

Analisa Trend Minor

1. Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada EUR dan JPY, maka saya melakukan buy dengan lot 0.11 sesuai dengan rumus b pada point 3 dibawah. EUR/JPY harian sebelumnya berakhir bullish, sehingga memperkuat dugaan saya untuk harga terus naik.

2. Level keseimbangan proyeksi berada pada EUR/JPY adalah 124.06 yang merupakan level prediksi tujuan harga selanjutnya, sehingga take profit dapat dipasang pada level tersebut dengan asumsi level tersebut merupakan level terdekat yang mungkin akan dituju harga jika benar-benar naik.

3. Open posisi saya ambil dengan aturan:

  1. Rumus Lot awal = (balance : 100000)
  2. Rumus Lot jika terjadi floating = (besar floating / target dalam pips/0.89) (0.89 adalah nilai 1 Pips di broker saya untuk 1 lot pair EUR/JPY)
  3. Stop loss dihilangkan dan diganti dengan diversifikasi akun untuk memperkecil resiko sistematis atau resiko pasar juga memperbanyak peluang untuk meraih sinyal open posisi muncul pada pair lain.
  4. Modal di pecah menjadi 3 akun (akun 1, akun 2, akun 3)
  5. Besar modal awal per akun minimal 5000 (akun cent/ standart)

EURJPY

Abu Hasan mengenal forex sudah 3 tahun semenjak lulus dari perguruan tinggi. Berawal dari bermain-main di akun demo, kemudian berlanjut trading pada bermacam-macam instrumen, termasuk pair-pair cross, Crude Oil, dan CFD saham.