Episode 1 : Buy Saat AUDUSD Turun

Pada tanggal 25 Juli 2014 kemarin, muncul peluang trading pada pair AUDUSD. Awalnya saya butuh waktu sejenak untuk menganalisisnya, tapi kemudian saya putuskan untuk melakukan trading pada pair ini.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Pada tanggal 25 Juli 2014 kemarin, muncul peluang trading pada pair AUDUSD. Awalnya saya butuh waktu sejenak untuk menganalisisnya, tapi kemudian saya putuskan untuk melakukan trading pada pair ini. Perhatikan chart AUDUSD berikut ini:

AUDUSD H1
Nampak disana ada uptrend di chart 1 jam, pergerakan harga sedang meniti garis trend (trend line). Saat saya menganalisanya, harga bergerak mendekati garis trend lagi, dan saya kira harga akan bounce keatas, sehingga langkah yang akan diambil kemungkinan adalah melakukan buy saat harga bergerak turun.

Lalu saya menengok timeframe yang lebih rendah, yaitu chart 15M.

AUDUSD M15
Nampak pada chart 15M ada divergen bullish, maka saya memutuskan untuk membuka posisi.

Saya buka posisi sekitar jam 20.15 kemarin malam ketika harga berada di 0.9414. Saya sertakan stop loss dibawah garis trend, dan target profit dekat garis resisten.

Trading #1

Modal Awal: $AUD 100
Tanggal/Waktu : Jumat, 25 Juli 2014, sekitar jam 20.15
Pair Mata Uang: AUDUSD
SL dan TP     : 20 pip dan 45 pip
Lot yang digunakan: 0.1
Patokan Risiko: 2-5%
Hasil Trading : terkena SL
Modal tersisa : AUD$ 97.91

AUDUSD Result
Saya membuka kembali platform trading saya sekitar jam 11 malam, dan ternyata posisinya masih berjalan, jadi saya putuskan untuk membiarkan saja. Pagi ini saya periksa lagi, namun ternyata posisinya terkena stop loss.

Analisa Setelah Trading

Saya kira, saya terlalu cepat membuka posisi. Seharusnya, saya menunggu hingga harga menembus area resisten pada chart 15M, apalagi karena saat itu adalah malam Jumat. Selain itu, saya seharusnya menggunakan SL 30 pip, bukannya 20 pip saja. Transaksi mungkin masih berjalan kalau saya menggunakan SL 30 pip.

Hasil Trading
Terima kasih, tunggu jurnal trading saya berikutnya, ya.

Rico FY
www.daytradingboss.com

Rico FY mengidolakan Yeo Keong Hee dan aktif sebagai full-time trader sejak tahun 2012, meskipun memiliki latar belakang pendidikan sama sekali berbeda. Strategi trading forex utama yang digunakan adalah Divergence.