Jurnal Trading EUR/JPY: Indeks DAX, Nikkei Tolok Ukur Investor Asing

Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR/JPY, namun buy sudah dibuka pada jurnal sebelumnya dan masih terfloating negatif, sehingga buy tambahan akan saya buka dengan lot 0.21 sesuai dengan rumus open posisi analisa trend minor ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Posisi Akun

Histori transaksi terakhir akun 1 (EUR/JPY), akun 2 (GBP/USD), akun 3 (AUD/JPY):

Histori Akun

Keadaan balance akun 1: (return 0.1194 %)
Keadaan balance akun 2: (return 0.2422%)
Keadaan balance akun 3: (return 0.0032 %)

Balance

 

Analisa Trend Mayor

  • Indeks DAX kembali bearish dengan petunjuk indikator EMA mingguan yang berada dibawah EMA bulanan. Jika dilihat dari trend terakhir pada EUR, sepertinya arah pergerakan DAX sedang searah dengan mata uangnya. Hal ini mungkin disebabkan karena lebih banyak investor dari dalam negara asal DAX daripada investor asing, sehingga DAX hanya menjadi indikator penilaian kekuatan mata uang GBP dan EUR di,mata investor asing. Karenanya, trend mata uang tersebut juga terindikasi bearish. Sehingga EUR pada EUR/JPY mengarah ke bawah.

DAX

  • Indeks Nikkei juga terindikasi bearish dengan posisi EMA mingguan yang berada dibawah EMA bulanan. Nikkei juga mengalami hal yang sama dengan DAX; investor asing menggunakan Nikkei sebagai tolok ukur kekuatan JPY, sehingga arah pergerakannya juga melemah sama seperti EUR. Dengan demikian, arah EUR/JPY adalah ke bawah.

Nikkei

 

Analisa Trend Minor

Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR/JPY, namun buy sudah dibuka pada jurnal sebelumnya dan masih terfloating negatif, sehingga buy tambahan akan saya buka dengan lot 0.21 sesuai dengan rumus open posisi analisa trend minor ini, dengan harapan koreksi bullish kecil pada trend bearish yang sedang terjadi pada EUR/JPY akan membawa posisi saya menyentuh take profit.

Level keseimbangan proyeksi berada pada EUR/JPY adalah 129.54 yang merupakan level prediksi tujuan harga selanjutnya, sehingga take profit dapat dipasang pada level tersebut. Level tersebut saya dapat dari setengah dari range hari perdagangan sebelumnya dan saya tambahkan pada high jika pada hari sebelumnya harga bullish, atau saya kurangkan pada low jika bearish.

Open posisi saya ambil dengan aturan:

  • Rumus Lot awal = (balance : 100000)
  • Rumus Lot jika terjadi floating = (besar floating : target dalam pips)
  • Stop loss dihilangkan dan diganti dengan diversifikasi akun untuk memperkecil resiko sistematis atau resiko pasar juga memperbanyak peluang untuk meraih sinyal open posisi muncul pada pair lain.
  • Modal di pecah menjadi 3 akun (akun 1, akun 2, akun 3)
  • Besar modal awal per akun minimal 5000 (akun cent/ standart)

EURJPY

Abu Hasan mengenal forex sudah 3 tahun semenjak lulus dari perguruan tinggi. Berawal dari bermain-main di akun demo, kemudian berlanjut trading pada bermacam-macam instrumen, termasuk pair-pair cross, Crude Oil, dan CFD saham.