OctaFx

iklan

30 Maret 2016: Indeks Kesulitan Hadapi Level Kuat, Sell EUR/JPY

Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR dan JPY, maka saya melakukan sell pada EUR/JPY dengan alasan analisa di atas sesuai dengan arah pergerakan masing-masing mata uang.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Salam profit..!!

Pada tanggal 16 Maret lalu saya melakukan sell dengan harapan harga akan turun sesuai dengan prediksi yang biasa saya lakukan di index DAX dan juga Nikkei. Harga pada awalnya turun; namun belum sampai menyentuh take profit, harga berbalik dan naik. Hal itu membuat posisi saya menjadi minus. Pada tanggal 30 Maret ini sepertinya ada kesempatan bagi saya untuk memperbaiki floating minus saya tersebut.

DAX dan Nikkei sedang menghadapi level kuat. Harga tampak kesulitan memenembus level tersebut, sedangkan EUR/JPY juga sedang menghadapi level 127.19 yang menjadi level penghalang buyer kali ini. saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan sell dan detil analisa dan ukuran lot akan saya jelaskan di bagian bawah jurnal ini.

 

Posisi Akun

Histori transaksi terakhir akun 1 (EUR/JPY), akun 2 (GBP/AUD), akun 3 (AUD/JPY):

Balance

Keadaan balance akun 1: (return 0.9842 %)
Keadaan balance akun 2: (return 0.8862%)
Keadaan balance akun 3: (return 0.5932 %)

Balance

 

Analisa Trend Mayor

  • Index DAX menyentuh level 10070.03 yang merupakan level keseimbangan yang cukup mampu untuk membuat harga terpantul turun meski hanya sedikit. Candle harian DAX juga mengarah turun dan beberapa kali harga berusaha menembus level tersebut, namun gagal. Dengan demikian saya memprediksikan harga akan memantul turun, selaras dengan EUR yang juga akan terpengaruh oleh hal tersebut.

DAX

 

  • Indeks Nikkei juga sedang menghadapi level 17132.10 yang juga merupakan level yang cukup kuat untuk memantulkan harga kembali turun. harga tampak berusaha menembus beberapa kali namun gagal. Prediksi JPY untuk kedepannya adalah melemah sesuai dengan keadaan Nikkei tersebut sehingga memperkuat EUR/JPY untuk semakin jatuh.

Nikkei

 

Analisa Trend Minor

1. Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR dan JPY, maka saya melakukan sell pada EUR/JPY dengan alasan analisa di atas sesuai dengan arah pergerakan masing-masing mata uang. EUR/JPY yang sedang menghadapi level kuat semakin memperkuat keyakinan saya untuk melakukan sell

2. Level keseimbangan proyeksi berada pada EUR/JPY adalah 126.05 yang merupakan level prediksi tujuan harga selanjutnya sehingga take profit dapat dipasang pada level tersebut dengan asumsi level tersebut merupakan level paling awal yang akan disentuh harga.

3. Open posisi saya ambil dengan aturan:

  1. Rumus Lot awal = (balance : 100000)
  2. Rumus Lot jika terjadi floating = (besar floating : target dalam pips/0.89) (0,89 adalah nilai 1 Pips di broker saya untuk 1 lot pair EURJPY)
  3. Stop loss dihilangkan dan diganti dengan diversifikasi akun untuk memperkecil resiko sistematis atau resiko pasar juga memperbanyak peluang untuk meraih sinyal open posisi muncul pada pair lain.
  4. Modal di pecah menjadi 3 akun (akun 1, akun 2, akun 3)
  5. Besar modal awal per akun minimal 5000 (akun cent/ standart)

EURJPY

Abu Hasan mengenal forex sudah 3 tahun semenjak lulus dari perguruan tinggi. Berawal dari bermain-main di akun demo, kemudian berlanjut trading pada bermacam-macam instrumen, termasuk pair-pair cross, Crude Oil, dan CFD saham.