OctaFx

iklan

List Jurnal Trading

Profil Penulis : Abu Hasan

Salam profit, nama saya Abu, saya seorang pedagang di pasar. Pasar tempat saya bekerja berisi jutaan manusia yang juga sesama pedagang seperti saya, namun saya tidak pernah akrab dengan mereka dan bahkan melihat wajahnya saja saya tidak pernah. Pasar itu adalah forex. Berikut ini profil saya.

Saya bertrading pair-pair cross dengan analisa intermarket. Jurnal trading ini didasarkan pada akun demo untuk menjaga hal-hal yang merugikan bagi saya akibat saya mempublikasikan screenshot hasil akun. Namun setidaknya, kegiatan trading dan strategi yang saya gunakan sama dengan yang saya berlakukan pada akun-akun tersebut.
Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

List Jurnal Trading Oleh Abu Hasan

Ini pertama kalinya dibulan Juli saya menulis jurnal, Index ASX200 sedang bullish. Trend AUD diprediksikan akan semakin bearish, trend JPY diprediksikan akan semakin melemah, maka posisi sell saya ambil dengan lot awal yaitu 0.05


Dengan sabar saya menunggu koreksi USD tersebut dan pada akhirnya peluang buy minyak muncul. Kondisi balance saya terus bertambah hari demi hari.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan adanya peluang naik pada AUD dan penguatan JPY maka chart AUD/JPY diprediksikan akan berbalik naik sehingga buy saya buka dengan lot 0.14.


Level keseimbangan proyeksi berada pada EUR/JPY adalah 124.06 yang merupakan level prediksi tujuan harga selanjutnya, sehingga take profit dapat dipasang pada level tersebut dengan asumsi level tersebut merupakan level terdekat yang mungkin akan dituju harga.


Index DAX terus naik setelah lepas dari 10056.37 sehingga harga diprediksikan akan menyentuh level berikutnya yaitu 10740.67. Dengan adanya hal itu maka GBP diprediksikan akan menguat.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada EUR dan juga JPY, maka saya melakukan buy pada EUR/JPY dengan alasan analisa di atas sesuai dengan arah pergerakan masing-masing mata uang.


Sudah cukup lama saya tidak mempublikasikan jurnal saya, pada hari ini saya melihat peluang pada GBP/AUD yang memberikan sinyal sell dengan alasan Index saham di kedua negara pemilik mata uang tersebut sedang membentur level kuat.


Index ASX200 bergerak bearish jika dilihat dari rentang waktu bulanan. Hal itu ditunjukan dengan posisi EMA bulanan yang berada di atas EMA mingguan. Namun, laju trend bearish harus dihentikan dengan level yang cukup kuat yaitu 4961.61.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR dan JPY, maka saya melakukan sell pada EUR/JPY dengan alasan analisa di atas sesuai dengan arah pergerakan masing-masing mata uang.


Akhirnya posisi sell yang pernah saya buka di tanggal 13 Maret mendarat di take profit. Pada jurnal tanggal 23 Maret kali ini saya akan menengok kembali keadaan ASX200 dan Nikkei yang menjadi acuan saya dalam melihat trend mayor pada AUD/JPY.


Pada tangga 17 Maret kali ini saya melihat harga pada GBP/AUD menyentuh level support terendah. Saya coba tengok keadaan DAX dan ASX200, ternyata candle harian DAX mengarah ke atas meskipun sempat membentur level kuat.


Sudah cukup lama sekali saya tidak menengok akun EUR/JPY yang satu ini, tidak terasa open posisi sell pada tanggal 17 Februari lalu sudah mendarat di take profit dan akun saya bertambah sekitar 4.31 dolar. Pada jurnal kali ini saya coba menengok DAX yang ternyata bergerak persis cukup selaras dengan index Nikkei.


Pada jurnal AUD/JPY saya di tanggal 26 Februari kemarin, posisi buy yang saya buka sudah mendarat di take profit, lumayan kini akun saya bertambah sekitar 1.62 dolar. Kali ini saya menemui momen yang cukup bagus, dengan adanya candle harian yang mengarah bearish.


Pada jurnal GBP/AUD saya di tanggal 19 Februari kemarin saya membuka posisi buy dengan lot 0.05. Alhasil posisi saya terfloating minus. Aduhhh gimana nihhh... Hehe, tenang, ternyata setelah sabar menunggu sinyak buy berikutnya akhirnya pada tanggal 29 Februari muncul candle bullish harian.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada AUD dan penguatan JPY, maka chart AUD/JPY dindikasikan sedang bergerak naik, sehingga buy akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus analisa trend minor ini.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada AUD dan penguatan JPY maka chart AUD/JPY dindikasikan sedang bergerak naik, sehingga buy akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus pada analisa trend minor ini.


Dengan berpandangan sama dengan investor lain, saya akan coba menerapkan logika yang sama dengan jurnal sebelumnya bahwa GBP selaras dengan DAX dengan alasan DAX masih menjadi tolok ukur investor GBP. Maka dari itu, arah GBP pada GBP/AUD adalah naik.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR dan juga JPY, maka saya melakukan sell pada EUR/JPY dengan alasan analisa di atas sesuai dengan arah pergerakan masing-masing mata uang. Open posisi juga didukung dengan trend bullish yang terjadi pada hari sebelumnya.


Balance semakin bertambah dan semoga target 20% tahun ini tercapai, bahkan saya harap lebih dari itu. Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada GBP dan AUD, maka chart GBP/AUD dindikasikan sedang bergerak turun.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada GBP dan juga AUD maka chart GBP/AUD dindikasikan sedang bergerak naik, sehingga buy akan saya buka dengan rumus pada analisa trend minor ini.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada EUR dan JPY, maka saya melakukan buy pada EUR/JPY. Open posisi juga didukung dengan trend bullish yang terjadi pada hari sebelumnya.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada AUD dan penguatan JPY, maka chart AUD/JPY diindikasikan sedang bergerak naik, sehingga buy akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus pada analisa trend minor ini.


Sell akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus di bawah analisa trend minor ini. Posisi sell juga didukung dengan candle bearish harian yang terbentuk pada hari perdagangan kemarin


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada GBP dan juga AUD, maka chart GBP/AUD dindikasikan sedang bergerak turun, sehingga sell akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus open posisi analisa trend minor ini.


Index Nikkei terus bergerak turun. Hal tersebut membuat JPY semakin menurun. Jika digabungkan AUD yang sedang naik dan JPY yang sedang turun, maka pergerakan AUD/JPY selanjutnya diprediksikan naik.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR/JPY, namun buy sudah dibuka pada jurnal sebelumnya dan masih terfloating negatif, sehingga buy tambahan akan saya buka dengan lot 0.21 sesuai dengan rumus open posisi analisa trend minor ini.


Index Nikkei masih bearish, hal itu ditunjukan dengan posisi EMA mingguan yang berada di bawah EMA bulanan, Dengan analisa DAX dan Nikkei tersebut maka arah EUR/JPY adalah bullish.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada EUR/JPY, maka buy akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus dibawah analisa trend minor ini.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada GBP dan AUD, maka chart GBP/AUD dindikasikan sedang bergerak naik, sehingga buy akan saya buka dengan lot 0.05.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada AUD, JPY, dan EUR, maka chart AUD/JPY dindikasikan sedang bergerak naik, sehingga buy akan saya buka dengan lot 0.09.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan penguatan pada AUD dan JPY maka chart AUD/JPY diindikasikan sedang bergerak naik sehingga buy akan saya buka dengan lot 0.05 sesuai dengan rumus a pada point ketiga analisa trend minor ini.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada GBP dan AUD, maka chart GBP/AUD dindikasikan sedang bergerak turun sehingga sell akan saya buka dengan lot 0.05.


Pada jurnal sebelumnya telah dibukasell dengan alasan terindikasi penurunan pada EUR dan JPY pada analisa trend mayor. Namun pada posisi sell kedua posisi harus terfloating negatif akibat berita dari Eropa. Kali ini analisa trend mayor masih belum jelas,


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada GBP dan AUD, maka chart GBP/AUD dindikasikan sedang bergerak turun, sehingga sell akan saya buka dengan lot 0.05 pada pembukaan pasar di sesi Sidney.


Pada jurnal sebelumnya telah dibuka posisi sell dengan alasan bahwa terindikasi sebuah penurunan pada EUR dan JPY pada analisa trend mayor. Sell berujung take profit dan menjadi profit pertama pada jurnal saya di akun 1.


Dengan acuan pada analisa trend mayor yang menyimpulkan pelemahan pada EUR dan JPY, maka chart EUR/JPY dindikasikan sedang bergerak turun, sehingga sell akan saya buka dengan lot 0.05 pada pembukaan pasar di sesi Sidney.