Advertisement

iklan

List Jurnal Trading

Profil Penulis : Abu Hasan

Salam profit, nama saya Abu, saya seorang pedagang di pasar. Pasar tempat saya bekerja berisi jutaan manusia yang juga sesama pedagang seperti saya, namun saya tidak pernah akrab dengan mereka dan bahkan melihat wajahnya saja saya tidak pernah. Pasar itu adalah forex. Berikut ini profil saya.

Saya bertrading pair-pair cross dengan analisa intermarket. Jurnal trading ini didasarkan pada akun demo untuk menjaga hal-hal yang merugikan bagi saya akibat saya mempublikasikan screenshot hasil akun. Namun setidaknya, kegiatan trading dan strategi yang saya gunakan sama dengan yang saya berlakukan pada akun-akun tersebut.
Xm

iklan

Advertisement

iklan

List Jurnal Trading Oleh Abu Hasan

setelah lama menunggu akhirnya kesempatan buy datang lagi pada minyak, adanya prediksi melemahnya USD akibat pengajuan pengangguran di AS yang diperkirakan akan naik oleh pakar ekonomi, buy saya buka dengan lot 0.1 dengan perhitungan di rumus b pada point 3 dibawah


pada analisa minyak sudah dijelaskan bahwa cadangan minyak mentah perusahaan di USA sedang menurun sekitar 2.1 juta barel (sesuai dengan data terakhir yang dirilis pada 7 Juli 2016). Hal itu menyebabkan pengaruh naik pada minyak, dikarenakan supply minyak yang semakin turun.


Gerak USD mingguan sudah menunjukan adanya tanda-tanda koreksi, sehingga prediksi harga akan terus turun ke EMA mingguan yang tentunya pelemahan tersebut akan mempengaruhi harga minyak ke arah sebaliknya yaitu penguatan minyak, dengan demikian saya melakukan buy.


Pada akhirnya, peluang sell yang saya nantikan datang juga. Posisi EMA 6 jam dan EMA harian pada USDX berada di atas EMA mingguannya, sehingga peluang naiknya USD masih ada, sedangkan minyak mengalami kejutan harga yang mengarah bearish.


Posisi Buy saya di tanggal 10 Mei sudah clear dan sukses menyentuh take profit. Kali ini saya akan coba publikasikan jurnal minyak dengan acuan analisa minyak tanggal 11 Mei 2016.


Pada tanggal 21 April kemarin saya melakukan buy pada minyak, namun harga berkata lain. Harga bergerak berlawanan dan membuat posisi saya terombang ambing harga yang tidak jelas arahnya.


Kini kesempatan buy datang lagi, analisa minyak merekomendasikan buy dengan alasan USDX yang sudah breakout menembus EMA mingguan dari atas, sehingga USD diprediksikan akan melemah.


Pada tanggal 14 April kali ini analisa minyak kembali merekomendasikan sell; tentu hal tersebut tidak saya sia-siakan. Ini waktu yang tepat untuk memperbaiki floating minus saya akibat sell pada open posisi sebelumnya.


Pada tanggal 6 April ini analisa minyak merekomendasikan buy kembali, tentu hal ini tidak saya sia-siakan dikarenakan arah open posisinya sama dengan arah open posisi saya sebelumnya, yaitu buy.


Pada open posisi di tanggal 23 Maret dan 24 Maret 2016 saya meletakkan take profit sedikit di atas take profit analisa minyak tanggal tersebut. Ternyata harga justru memantul tepat di level take profit yang di rekomendasikan di analisa minyak.


Pada kesempatan kali ini, analisa minyak tanggal 25 Maret merekomendasikan buy hingga menyentuh area level 40.11 sebagai wujud dari pengaruh USDX yang terkoreksi turun setelah tertekan naik.


Pada analisa minyak tanggal 21 Maret merekomendasikan buy pada level 38.58, tetapi saya akan memulai langkah baru pada akun baru saya ini, setelah akun saya yang sebelumnya sudah tidak mencukupi untuk martingale dikarenakan modal berkurang sangat banyak karena floating minus.


Bentuk candle harian pada tanggal 1 Meret kemarin adalah Doji. Kejutan harga biasanya akan terjadi setelah adanya candle tersebut. Saya pun memberanikan diri untuk membuka posisi sell kembali sebagai perbaikan floating minus yang terjadi pada posisi sell saya sebelumnya.


Berdasarkan analisa minyak tanggal 26 Februari, saya akan coba membuka posisi buy. buy saya buka dengan lot 0.01 dengan perhitungan di rumus dibawah. Balance pada akun minyak bukan modal keseluruhan namun hanya pecahan dari modal.


Sungguh pelajaran yang berharga bagi saya, karena seharusnya balance saya bertambah sekitar 8 dolar dan bukannya minus 7 dolar. Tapi tidak apa-apa, dengan analisa minyak tanggal 25 ini saya akan mulai membuka open posisi baru.


Sebagai pengguna martingale yang sedang terfloating sell, saya tidak ikut membuka posisi buy pada tanggal 23 Februari dengan alasan minus saya di posisi sell belum terselesaikan, dan prediksi saya juga harga akan naik berdasarkan pendekatan USDX yang biasa saya lakukan.