Advertisement

iklan

Kantor Onecoin Sofia Digerebek, Server Dimatikan

Skema Onecoin berpotensi scam, dan telah terbukti sebagai skema Piramid atau Multi Level Marketing yang sangat berbahaya.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Badan penegak hukum Bulgaria telah menggerebek kantor Onecoin yang berpusat di Sofia sebagai bagian dari upaya multinasional untuk menetralisir sebuah skenario Centralized Cryprocurrency Pyramid atau Skema Piramida Terpusat. Sebanyak 3 juta orang mungkin telah ditipu oleh perusahaan yang telah menyebar di empat benua oni. Otoritas penegak hukum Bulgaria dinilai cukup jeli dalam menganalisa bahwa Onecoin (ONE) tidak memiliki kesamaan apapun dengan Bitcoin yang terdesentralisasi.

Onecoin

 

Server, dokumen, dan bukti lainnya telah disita dari Onecoin, sementara 50 orang staff telah diamankan dan diinterogasi oleh penyidik. Sang pencipta Onecoin, Ruja Ignatova, juga dibawa ke pengadilan.

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, pembayaran Onecoin (ONE) sudah dilarang oleh Republik Federal dan Otoritas Keuangan Inggris. Namun, meskipun sudah dilayangkan sebuah peringatan keras terhadap masyarakat, sekitar 3 juta orang telah berlangganan paket investasi pendidikan yang ditawarkan oleh Onecoin (ONE) dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dan secara otomatis berakhir dengan kehilangan dana investasi mereka.

Kepala Kejaksaan Khusus Bulgaria, Ivan Geshev, mengumumkan bahwa perusahaan yang berpusat di Sofia tersebut diduga telah melakukan kecurangan komersial, pencucian uang, dan pembayaran ilegal. Selama konferensi pers tersebut, Geshev juga menyebutkan bahwa sementara ini hanya Bitcoin (BTC) lah sistem terdesentralisasi yang legal di Bulgaria, sementara Onecoin (ONE) adalah sistem terpusat dan berpotensi besar menjadi SCAM.

Saat ini, Badan Penegak Hukum Bulgaria menjalin kerjasama dengan intelijen internasional untuk mencari 14 anak perusahaan One Network Services yang tersebar di empat benua: Eropa, Asia, Amerika Latin, dan Afrika.
Pencarian kantor pusat di 4 benua tersebut terus dilakukan, mengingat operasi Onecoin tidak berhenti setelah server di Sofia dimatikan. Bahkan, Onecoin Ltd telah terdaftar secara resmi di Uni Emirat Arab dan beroperasi melalui ratusan affiliasi di seluruh dunia. Inggris, Irlandia, Italia, AS, Kanada, Ukraina, serta Amerika Baltik mengkhawatirkan skema penipuan yang dibawa Onecoin akan merugikan banyak warga negaranya, sehingga secepat mungkin harus ditemukan dan ditutup.

Skema Onecoin telah terbukti sebagai skema Piramid atau Multi Level Marketing yang sangat berbahaya. Hanya orang-orang yang memiliki ratusan hingga ribuan affiliasi saja yang diuntungkan, sedangkan sisanya hanya dianggap sebagai Sapi Perah.

282045

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.