OctaFx

iklan

Kepercayaan Bisnis Selandia Baru Naik, NZD/USD Menguat

Indeks Kepercayaan Bisnis ANZ menunjukan bahwa tingkat kepercayaan bisnis naik sebesar 12 poin di bulan September. NZD/USD pun menguat atas kabar positif ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Tingkat kepercayaan bisnis (Business Confidence) Selandia Baru secara keseluruhan mengalami rebound cukup signifikan pada bulan September, sehingga mendorong Dolar Selandia Baru menguat terhadap Dolar AS. Apiknya Business Confindence Negeri Kiwi tersebut melanjutkan rilis positif laporan GDP kuartal kedua pada minggu lalu.

Laporan kepercayaan bisnis ini merupakan hasil survei ANZ terhadap responden yang berasal dari kalangan bisnis Selandia Baru. Selama bulan September, sentimen bisnis naik sebesar 12 poin dari -50.3 menjadi -38.3. Itu menjadi level terbaik sejak bulan Mei lalu, dan mencatatkan rebound terbaik kedua sepanjang 2018.

Meskipun masih berada dalam zona negatif, hasil rilis kepercayaan bisnis New Zealand pagi ini menunjukan terjadinya peningkatan cukup impresif untuk prospek bisnis pada bulan-bulan mendatang. Terdapat 9 persen perusahaan yang masih memprediksi adanya penurunan investasi di Selandia Baru. Angka tersebut turun 4 persen dibandingkan laporan bulan Agsutus. Sementara itu, minat berkerja terangkat 5 poin menjadi -1 persen. Ekspektasi laba naik 4 point menjadi -13 persen, dengan rincian sektor ritel menjadi yang terlemah pada poin -35 persen (turun 8 poit), sementara sektor jasa rebound 9 poin menjadi -1 persen.

Kepercayaan Bisnis NZ Rebound, Kiwi

Dalam survey ANZ, responden juga ditanya tentang masalah terbesar yang mereka hadapi. Hasil menunjukkan, 26 persen perusahaan Selandia Baru kesulitan mendapatkan tenaga kerja ahli, dan masalah terbesar terjadi pada sektor pertanian yang kekurangan tenaga kerja terampil.

Jika tingkat kepercayaan bisnis Selandia Baru semakin membaik dalam beberapa bulan mendatang, maka perbaikan kondisi ekonomi akan terlihat semakin nyata, terlepas dari adanya berbagai gejolak dari faktor eksternal. Sayangnya, beberapa indikator ekonomi yang masih terlihat lemah saat ini belum mampu mengangkat tren inflasi secara berkelanjutan menuju titik median dari target RBNZ.

 

Hapus Penurunan, NZD/USD Menguat Tajam

Setelah rilis kepercayaan bisnis Selandia Baru, Dolar NZ langsung terdorong naik. Pair NZD/USD saat ini diperdagangkan pada level 0.6672, setelah melesat ke level tinggi 0.6687 pukul 05:00 pagi tadi.

NZD/USD - 26 September 2018

Selain terhadap Dolar AS, Dolar New Zealand juga terlihat menguat terhadap mata uang mayor lainnya, termasuk Yen, Dolar Kanada, dan Dolar Australia. NZD/JPY menguat ke kisaran 75.34, dan NZD/CAD naik ke 0.8639. Sementara itu, AUD/NZD sempat menyentuh Low 1 bulan di level 1.0862.

285453

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.