Keyakinan Bisnis Australia Turun, AUD/USD Sedikit Melemah

Tingkat keyakinan bisnis Australia turun di bulan Agustus, mencerminkan kondisi sektor swasta yang belum kokoh di tengah lemahnya belanja konsumen dan tingkat upah.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Pada hari Selasa (10/September), Biro Statistik Australia merilis Indeks Keyakinan Bisnis yang turun dari level 4 ke poin 1 di bulan Agustus, mencerminkan kondisi bisnis yang melemah di tengah pudarnya momentum pertumbuhan pada sektor korporasi. Data yang mengecewakan ini pun menekan pergerakan Dolar Australia terhadap Dolar AS.

Keyakinan Bisnis Australia Turun,

Sementara itu, data lain seperti Kondisi Bisnis Australia juga turun dari level 3 menjadi 1 di bulan Agustus, seolah mengkonfirmasi lebih jauh buruknya outlook sektor bisnis Australia di kuartal III/2019.

Sebagai informasi, data Keyakinan Bisnis dan Kondisi Bisnis menjadi indikator fundamental yang sangat diawasi secara cermat oleh Bank Sentral Australia (RBA), sehingga memburuknya rilis data-data tersebut berpotensi membuat RBA meninjau kembali prospek pemotongan suku bunga di sisa tahun ini.

"Keyakinan Bisnis dan Indikator ekonomi lain (Business Condition) menunjukkan belum adanya perubahan haluan yang besar dalam sektor bisnis. Meskipun nilai keduanya masih berada di teritori positif, tapi (saat ini) sudah ada di bawah nilai rata-rata jangka panjang yang mencerminkan hilangnya momentum secara signifikan pada permintaan," ujar Alan Oster, Kepala Ekonom NAB Group.

Dengan PDB yang mencapai AUD1.96 triliun, Australia telah berulang kali menghindari resesi sejak tahun 1990-an. Meskipun begitu, ekonomi Australia konsisten kini berada di titik lemah karena belanja konsumen yang melambat dan pertumbuhan upah yang mandek. Hal ini berpotensi mengarah kepada perlambatan yang lebih luas.

 

AUD/USD Melemah Tipis

Pada saat berita ini ditulis, pair AUD/USD diperdagangkan pada level 0.6851, terkoreksi tipis setelah reli bullish yang menyakinkan selama 5 sesi perdagangan terakhir di tengah euforia risk appetite. Sebelumnya, minat risiko pasar memang kembali naik setelah munculnya kabar baik mengenai lanjutan pembicaraan dagang AS-China yang akan dilaksanakan di Washington bulan depan.

Keyakinan Bisnis Australia Turun,

290013

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.