Kripto ZenCash Jadi Korban Serangan 51 Persen

Kripto ZenCash, ZEN, dilaporkan mengalami serangan 51 persen yang menciptakan pengeluaran ganda bernilai sekitar USD700,000. Berikut kronologinya.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Kripto ZenCash adalah korban terbaru dari serangan 51 persen yang selama ini menjadi momok di sektor Blockchain. Altcoins yang berfokus pada privasi ini bergabung dengan daftar mata uang kripto lain yang didera serangan 51 persen dalam beberapa waktu terakhir, seperti Bitcoin Gold, Eletroneum, dan Verge.

 

ZenCash terkena serangan 51 persen

 

Sekilas Tentang Serangan 51 Persen

Bagi Anda yang belum tahu, serangan 51 persen terjadi setelah peretas mengamankan atau menguasai sebagian besar hashrate jaringan (minimal 51%). Setelah diamankan, penyerang dapat mengkonfirmasi blok curang dan melakukan "pengeluaran ganda". Dua pengeluaran yang dilakukan bisa menyimpan token digital di bursa dan mengonfirmasi transaksi ke dompet peretas secara bersamaan.

Selain itu, peretas dapat menggunakan Blockchain untuk memiliki konsensus mayoritas dari jaringan, serta membalikkan transaksi dari bursa ke dompet terpisah. Ini terbukti menjadi usaha yang sangat menguntungkan dan dapat menghasilkan jutaan Dolar. Dalam serangan ZenCash ini, dilaporkan bahwa total 23,152 ZEN terbuat dari eksploitasi dan bernilai sekitar $700.000.

 

Kronologi Serangan 51 Persen ZenCash

Sesuai pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh ZenCash (ZEN), penambang curang meluncurkan serangan pada 2 Juni 2018. Namun, perusahaan segera menerapkan prosedur mitigasi untuk meningkatkan kesulitan serangan pada jaringan di masa depan. Berikut kronologi peristiwanya:

  • (2 Juni 2018, 20:26 EDT) - Operator Pool memperingatkan ZEN dari potensi serangan 51 persen.
  • (2 Juni 2018, 20:34 EDT) - Pengembang ZEN meluncurkan investigasi dan mengevaluasi distribusi daya hash. Di waktu yang bersamaan, bursa mengirimkan notifikasi tentang peningkatan waktu konfirmasi.
  • (2 Juni 2018, 20:42 EDT) - Hasil investigasi menegaskan bahwa transaksi yang dicurigai adalah pengeluaran ganda.
  • (3 Juni 2018, 09:00 EDT) - ZEN mengeluarkan pernyataan resmi tentang serangan 51 persen terhadap kriptonya.
  • (6 Juni 2018, 09:46 EDT) - Rob Viglione, pendiri ZEN, mulai berusaha mengatasi serangan untuk menanggulangi dampak-dampak negatif.

 

Sumber Serangan Sudah Ditemukan

Pada saat insiden terjadi, tingkat hash jaringan ZEN mencapai 58MSol per detik. Dengan demikian, diyakini bahwa peretas adalah organisasi besar dengan kekuatan penambangan yang cukup untuk mengeksekusi serangan. ZEN mengungkapkan alamat kolam yang dicurigai dalam pernyataan mereka. Serangan itu tampaknya berasal dari alamat Wallet  "znkMXdwwxvPp9jNoSjukAbBHjCShQ8ZaLib", dan terjadi antara blok 318165 serta 318275. Selain itu, beberapa "reorganisasi" Blockchain juga dilakukan oleh penyerang, dan mereka mengeksekusi pengeluaran ganda antara blok 318204 serta 318234.

Untuk menghilangkan kekhawatiran terkait keamanan ZEN, pihak perusahaan menyatakan, "Peningkatan konfirmasi (transaksi) ke 100x membuat serangan 51 persen tak mungkin dilakukan lagi. ZenCash tetap berkomitmen untuk memastikan keamanan dana pelanggan."

283993

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.