Advertisement

iklan

Michael Novogratz: Bitcoin Mungkin Turun Hingga USD8,000

Opini ini disampaikan setelah Bitcoin kehilangan lebih dari sepertiga nilainya dalam waktu kurang dari seminggu.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Michael Novogratz, mentan eksekutif Fortress Investment Group, dan juga yang pernah mendapatkan julukan "Financial Mogul", menyatakan bahwa pada bulan September lalu dia berencana untuk memulai dana lindung nilai kriptografis. Menurut laporan saat ini, mantan pedagang makro tersebut membatalkan rencana tersebut. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kepercayaan tentang pertumbuhan Bitcoin. Bahkan, dia mulai pesimis dan percaya bahwa harga Bitcoin saat ini sedang menuju kisaran $8,000 dalam jangka pendek.

BTCUSD Daily

 

Jika kita lihat, saat ini harga Bitcoin sedang berada di level $13,464, bergerak turun dari titik tertinggi sepanjang masa di level $19,666. Artinya, dalam sepekan ini Bitcoin sudah turun lebih dari $6,000 atau sekitar 30% dari kenaikan harga yang dapat diraih selama 1 tahun terakhir ini.

Pasar Bitcoin telah mengalami Bearish yang berkelanjutan yang diprediksikan akan berlanjut sampai beberapa pekan depan. Michael Novogratz menjadi orang pertama yang menegaskan bahwa Bitcoin merupakan Safe Haven, kemudian pada bulan September lalu dia mengumumkan bahwa dia akan menciptakan dana lindung nilai yang diinvestasikan pada aset digital. Pada saat itu, Novogratz mengatakan akan membangun dana lindung nilai sebesar $500 juta dengan menginvestasikan dana dari dirinya sendiri sebesar $150 juta.

Kemudian pada tanggal 27 November, Novogratz menjadi sangat Bullish dengan memprediksi harga Bitcoin akan terus meningkat secara eksponensial pada tahun 2018. Dia mengatakan pada acara  Fast Money di CNBC bahwa "Bitcoin bisa mencapai $40,000 pada akhir tahun 2017 dengan mudah".

Namun, setelah Bitcoin kehilangan lebih dari sepertiga nilainya dalam waktu kurang dari seminggu, Novogratz menjadi kurang percaya dengan harga Bitcoin. Novogratz kemudian mengeluarkan pernyataan resmi pada Bloomberg bahwa dia berencana untuk "mengesampingkan dana lindung nilai kriptografis" karena harga Bitcoin turun dengan drastis dalam kurun waktu yang singkat. Mantan pedagang makro tersebut juga meyakini harganya bisa turun ke kisaran $8,000 dalam waktu dekat.

281645

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.