Mitsubishi UFJ: Bank Top Asal Jepang Siap Uji Kripto Eksklusif

Bank top asal Jepang, Mitsubishi UFJ, siap menguji kripto buatannya, MUFG Coin. Token ini kemungkinan akan bersaing dengan J-Coin yang didukung bank sentral.

acy

iklan

FirewoodFX

iklan

Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc, salah satu dari lima bank teratas di dunia, telah mengumumkan niatnya untuk menguji mata uang kripto eksklusif pada tahun 2019. Idenya adalah untuk meluncurkan koin kripto awalnya kepada segelintir pelanggan, dengan harapan mereka akan berpartisipasi dalam menemukan bug, sehingga dimungkinkan perbaikan di masa depan. Untuk Jepang, ini merupakan salah satu indikasi lain dari budaya bisnis negara yang sedang bertaruh penuh pada masa depan teknologi kriptografi, baik mata uang kripto ataupun blockchain.

 

Mitsubishi UFJ

 

 

MUFG Coin

Setelah merencanakan penggunaan kripto eksklusif sejak 2015, tampaknya Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc, sudah siap untuk meluncurkan token kriptonya sendiri tahun depan, dengan nama MUFG Coin. Dengan demikian, MUFG akan menjadi bank besar pertama di dunia yang mampu menerbitkan salah satu variasi mata uang kripto.

Rencananya, pengujian MUFG Coin akan dilakukan pada tahun 2019 dan melibatkan sekitar 100,000 pengguna, dengan harapan mereka akan menerapkan pembelian eceran dengan token tersebut, mulai dari pakaian hingga makanan. Pengguna MUFG Coin bakal diharuskan untuk mengubah setoran fiat (JPY), dan mengunduh DApps khusus untuk Smartphone mereka. Token tersebut rencanya juga akan diparitasi dengan Yen Jepang.  

 

Bersaing Dengan J-Coin Di Olimpiade Tokyo 2020

Pada awal 2016, harian Jepang Asahi Shimbun, menceritakan kisah tentang bagaimana MUFG memiliki tujuan besar dengan penciptaan MUFG Coin dan DApps khusus untuk Smartphone. Koin MUFG mampu mengambil keuntungan dari penerapan teknologi blockchain di jaringan beberapa komputer yang lebih kecil. Selain itu, berkat teknologi blockchain, menjadi sangat mudah dan murah dalam membangun catatan transaksi yang tahan gangguan, dan didistribusikan secara real time.

Ketika proyek tersebut dicetuskan tiga tahun lalu, salah satu alasan utamanya adalah untuk mengurangi friksi transaksional berkaitan dengan pengiriman uang dan transfer, serta menggunakan variasi pada platform peer-to-peer (P2P) untuk menurunkan biaya. 

Berbagai laporan juga mengklaim bahwa MUFG sedang mencoba untuk mendapatkan kerjasama dari bank lain dalam upaya digitalnya. Jika hal itu terjadi, MUFG Coin akan bersaing dengan J-Coin (Japanese Coin) yang mendapat dukungan Bank Sentral Jepang dan dijadwalkan mulai digunakan secara luas selama pertandingan Olimpiade Tokyo tahun 2020.

283777

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.