Advertisement

iklan

New Home Sales AS Sentuh Level High 10 Tahun Di Bulan Oktober

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Senin bahwa penjualan rumah meningkat sebanyak 6.2 persen dari 645,000 (September) menjadi 685,000 unit rumah di bulan Oktober.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

New Home Sales AS mencatatkan rekor tertinggi dalam satu dekade pada bulan Oktober, menurut laporan yang dipublikasikan oleh Departemen Perdagangan pada hari Senin (27/11) pagi waktu setempat. Kenaikan angka penjualan rumah bulan lalu lantaran terjadi peningkatan cukup signifikan permintaan terhadap hunian di hampir seluruh kawasan Negeri Paman Sam.

New Home Sales AS Sentuh Level 10 Tahun

 

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Senin bahwa penjualan rumah meningkat sebanyak 6.2 persen dari 645,000 (September) menjadi 685,000 unit rumah di bulan Oktober. Ini merupakan level tertinggi sejak periode Oktober 2007 atau satu dekade lalu. Data New Home Sales yang dirilis malam ini sekaligus mematahkan ekspektasi ekonom yang sebelumnya memprediksi penjualan rumah akan melambat menjadi 627,000 unit.

Apiknya New Home Sales AS bulan lalu seolah melanjutkan tren positif sektor perumahan setelah data Housing Starts periode Oktober yang rilis pada tanggal 18 November lalu mencatatkan performa terbaik dalam 1 tahun, menjadi bukti ada perbaikan kondisi sektor properti di Negeri Paman Sam, setelah tumbuh lesu pada kuartal kedua. Penjualan Rumah telah naik sebanyak 18.7 persen Year-on-Year hingga bulan lalu.

Kenaikan cukup signifikan New Home Sales AS itu lantaran didorong oleh adanya pertumbuhan penjualan rumah mencapai 30.2 persen di kawasan Timur Laut dan kenaikan 1.3 persen di kawasan Selatan. Sementara itu, Barat dan MidWest juga dilaporkan terjadi kenaikan kuat bulan lalu.

Meski terjadi peningkatan penjualan rumah bulan lalu, namun persediaan (inventory) rumah di pasar mencatatkan kenaikan 1.4 persen menjadi 282,000 unit, level tertinggi sejak Mei 2009. Fakta lain menunjukan lebih dari dua per tiga rumah yang laku bulan lalu sedang dalam tahap konstruksi.

281219

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


21 Mei 2019

30 Apr 2019