OctaFx

iklan

Pekan Ini, Pasar Kripto Derita Penurunan Terparah Sepanjang Masa

Jika dilihat data 24 jam terakhir untuk peringkat 10 besar dari mata uang kripto, Bitcoin (BTC) mengalami penurunan hingga 17.62 persen di harga USD10,941.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Selama pekan kedua hingga pekan ketiga pada awal tahun 2018 ini, hampir keseluruhan mata uang kripto mengalami penurunan tajam, terutama selama pekan ini. Hal ini bisa dilihat dari data Coinmarketcap, dimana pangsa pasar kripto turun hingga sekitar $200 miliar, dari $702 miliar menjadi $503 miliar per hari ini (17/Januari).

Mengutip data dari Coinranking, penurunan ini semakin parah. Dan bahkan peringkat 40 besar dari ranking mata uang kripto mengalami penurunan hingga 50%.

Jika dilihat data penurunan selama 24 jam terakhir untuk peringkat 10 besar dari mata uang kripto, Bitcoin (BTC) mengalami penurunan hingga 17.62% di harga $10,941. Sedangkan penurunan terparah dialami oleh Ripple (XRP) dan NEM (XEM) hingga lebih dari 30% dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

 

BTC/USD

BTC/USD secara teknikal sudah menembus level support $11,159 yang dipertahankan selama beberapa pekan terakhir sejak akhir Desember 2017 lalu. Saat ini, BTC/USD justru semakin liar untuk lebih anjlok dalam hari terakhir. Jika diperhitungkan dari level tertinggi $19,666 hingga Running Price saat ini, BTC/USD sudah mengalami penurunan hampir 50%.

Penurunan bahkan dapat terus berlanjut hingga ke level $6,000, jika sentimen-sentimen negatif di berbagai belahan dunia terus berdatangan.

BTCUSD Daily

 

ETH/USD

ETH/USD mengalami penurunan drastis sekitar 35% dalam kurun waktu 4 hari saja. Ini merupakan Rekor penurunan terparah bagi ETH/USD. Padahal sebelumnya, ETH/USD terus mengalami kenaikan ketika kripto lainya sedang tergelincir. Penurunan ini dapat berlanjut hingga ke level support $532, jika akumulasi Buy tidak terjadi selama pekan depan.

ETHUSD Daily

 

XRP/USD

XRP/USD mengalami penurunan terparah sepanjang masa dibandingkan dengan kripto lainnya. Secara keseluruhan jika dihitung dari level tertinggi $3.368 hingga level Running Price saat ini di level $1.040, XRP/USD sudah mengalami penurunan hingga 70%. Bahkan, jika pangsa pasar semakin turun, XRP/USD bisa kembali ke harga awal sekitar $0.3 saja.

XRPUSD Daily

 

XEM/USD

XEM/USD juga senada dengan XRP/USD. Penurunan dari level tertinggi $2.120 hingga level Running Price saat ini $0.857, bisa dibilang sudah sekitar 55%. Penurunan juga dapat berlanjut hingga level harga awal tahun 2017, yaitu $0.296.

XEMUSD Daily

 

Kekhawatiran Pelaku Pasar

Dengan parahnya penurunan yang terjadi kali ini, ada beberapa kekhawatiran kalau suatu "reset" benar-benar bisa terjadi. Gelembung ("bubble") yang dituduhkan kepada pasar kripto benar-benar dapat terjadi jika pangsa kripto turun hingga kurang dari $200 miliar. Dampak yang ditimbulkan nantinya adalah harga akan kembali ke harga awal tahun 2017, sehingga para investor yang membeli di High akan mengalami kerugian yang sangat besar. 

Kekhawatiran lainnya adalah akan adanya insiden "crash" dimana keseluruhan harga mata uang kripto "disamakan" untuk mendapatkan suatu ekosistem baru, meskipun kemungkinan ini terasa sangat kecil, mengingat perusahaan raksasa juga turut andil didalam pangsa pasar kripto. 

Namun, kemungkinan penurunan harga lebih dari 90% masih sangat kuat, karena XRP/USD dan XEM/USD sudah turun hingga mendekati atau lebih dari 70%. Penurunan ini merupakan yang terparah sepanjang masa bagi pasar kripto.

281984

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.