Penggunaan Uang Kripto Tumbuh Pesat Di 2 Negara Eropa Ini

Slovenia membuka gerbang pembayaran via kripto di ratusan vendor. Tak hanya itu, bank sentral Kroasia telah melegalisasi ekspansi app pembayaran kripto ternama di Eropa.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Jumlah toko yang menerima mata uang kripto meningkat tajam di Slovenia dan Kroasia. Dimulai dengan satu vendor di salah satu aplikasi perbelanjaan di Eropa, Elipay, kini uang kripto telah terintegrasi di 300 toko di Slovenia. Sementara itu, ekspansi kripto di Kroasia semakin meluas setelah disetujui oleh bank sentral negara tersebut.

Uang kripto di Eropa

 

Slovenia Jadi Negara Ramah Kripto

Adopsi mata uang kripto telah berkembang pesat di Slovenia. Elipay, startup rintisan Eligma adalah aplikasi seluler pembayaran kripto via perangkat iOS dan Android. Banyak toko di salah satu kompleks perbelanjaan dan hiburan terbesar di Eropa, BTC City, telah mengintegrasikan Elipay yang saat ini mendukung pembayaran dengan Bitcoin Core (BTC), Bitcoin Cash (BCH), Ethereum (ETH), dan token ELI.

CEO Eligma, Dejan Roljic, mengatakan bahwa, "Kami telah mencapai rekor baru dengan Elipay yang diadopsi di 300 lokasi. Sekitar sepertiga dari mereka berada di BTC City." Eligma menggambarkan Bitcoin City sebagai salah satu area komersial, belanja, dan logistik terbesar yang paling penting di Eropa Tengah. Hingga saat ini, ada lebih dari 500 toko yang sudah menerima pembayaran melalui mata uang kripto.

"Di seluruh negeri, jumlah lokasi Elipay terus meningkat," sahut Roljic. Elipay sekarang mencakup sebagian besar kategori layanan dan produk makanan serta minuman, mode, elektronik, layanan, olahraga dan rekreasi, hiburan, rumah dan taman, mainan, hewan peliharaan, otomatif, traveling, juga berbagai kategori lainnya.

Selain penggunaan mata uang kripto untuk berbelanja dengan sistem Elipay, Bank Slovenia juga telah menyetujui nilai euro (EUR) untuk ditambahkan ke Elipay melalui kartu kredit/debit dan SEPA (Single Euro Payments Area).

 

Ekspansi Ke Kroasia

Setelah berhasil menjadi sistem pembayaran andalan di Slovenia, Eligma kini berupaya melakukan ekspansi kripto secara global, dimulai dengan Kroasia. "Bank Nasional Kroasia telah mengkonfirmasi bahwa Elipay dapat beroperasi secara legal di Kroasia," ujar perusahaan itu pada 1 April melalui akun Twitter resminya.

Roljic menjelaskan bahwa setelah bank sentral mengkonfirmasi legalitas Elipay yang beroperasi di Kroasia, lokalisasi sistem mulai dilakukan, dan diprediksi akan selesai pada minggu depan. Perusahaan juga telah menjalin kerjasama dengan penyedia perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning), serta merchant individu dan penyedia layanan, sehingga integrasi awal dapat diharapkan terjadi mulai awal bulan depan.

288055

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.