Profil Penulis : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.
FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Konten Oleh Erik Tri Cahyo

Simpang siur isu negosiasi dagang antara AS dan China masih menjadi perhatian pasar. Akibatnya, emas harus terombang-ambing di sekitar level terendahnya dalam bulan ini.


Pasar emas sedikit goyah akibat munculnya kembali perkembangan mengenai negosiasi dagang antara AS dan China.


Emas akhirnya bergerak melemah dan menemukan pijakan pada area 1280. Momentum untuk sementara ini masih sedikit bullish, meski pelemahan lanjutan patut diwaspadai.


Range pergerakan emas semakin menyempit di dalam pola segitiga. Sebelum terjadinya momentum breakout, sell at resisten dan buy at support masih menjadi skenario terbaik.


Range perdagangan emas masih dalam zona konsolidasi. Jika emas gagal menguji resisten, maka logam mulia terancam melemah.


Emas mencoba untuk melanjutkan reli bullish. Namun sayang, logam ini harus kembali terpukul mundur dari level 1300 sehingga kembali terkoreksi.


Emas secara teknikal memang waktunya berkonsolidasi. Faktor lainnya yang mempengaruhi harga emas adalah munculnya kembali sentimen perang dagang AS-China.


Emas akhirnya bergerak korektif setelah data NFP yang dirilis positif pada Jumat lalu. Meskipun demikian, bias emas masih tetap bullish.


Reli bullish emas kini telah hampir mendekati level psikologis 1300. Momentum yang krusial diperkirakan akan terjadi jelang NFP. Akankah emas berhasil break level tersebut?


Aset safe haven awali perdagangan perdananya dengan penguatan. Di saat gejolak politik global yang tak menentu, para investor kembali memburu aset safe haven.