Advertisement

iklan

Pertumbuhan Lapangan Kerja Kanada Positif, Unemployment Rate Turun

Lapangan Kerja tumbuh 45,300 pada bulan Juni, berada sedikit dibawah data periode Mei yang kala itu mencatatkan pertumbuhan 54,500, lebih baik dibandingkan ekspektasi ekonom sebelumnya.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Biro Statistik Tenaga Kerja Kanada pada hari Jumat (7/7) merilis data pertumbuhan lapangan kerja periode Juni. Meski data NFP AS membaik, namun pair USD/CAD terpantau anjlok pasca rilis data tenaga kerja Kanada yang positif malam ini.

Pertumbuhan Lapangan Kerja Kanada

Lapangan Kerja tumbuh 45,300 pada bulan Juni, berada sedikit di bawah data periode Mei yang kala itu mencatatkan pertumbuhan 54,500. Meskipun begitu, data Employment Change Kanada Juni masih lebih baik bila dibandingkan ekspektasi ekonom yang memprediksi hanya tumbuh 11,400. Pertumbuhan lapangan kerja Kanada bulan Juni, sebagian besar datang dari sektor paruh waktu.

Dalam 12 bulan terakhir, ekonomi Kanada berhasil menambahkan pekerjaan baru sebanyak 351,000 atau naik 1.9 persen. Kenaikan secara basis tahunan tersebut sebagian besar disumbang oleh sektor pekerjaan Full Time yang bertambah 248,000 (naik 1.7 persen YoY), sedangkan pekerjaan Part Time bertambah 103,000 (naik 3 persen YoY).

Berdasarkan cakupan wilayah, pertumbuhan pekerjaan Kanada bulan lalu paling banyak di Quebec dan British Columbia. Pekerjaan di bidang Profesional, Sains, dan Jasa Teknik serta Pertanian. Dalam waktu yang bersamaan, terjadi penurunan di bidang bisnis dan bangunan.

Sementara itu, tingkat pengangguran Kanada terlihat menurun 0.1 persen menjadi 6.5 persen, karena banyaknya penerimaan pekerjaan paruh waktu wanita berusia di atas 55 tahun yang sebelumnya tidak berkerja. Pasca rilis data tenaga kerja yang cukup positif, Dollar Kanada semakin menguat versus Greenback. Pair USD/CAD turun hingga menyentuh level low 10 bulan sejak September 2016 lalu. 

279518

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.