Advertisement

iklan

Poundsterling Naik Tipis Pasca Rilis Data GDP Inggris Kuartal I/2019

Poundsterling hanya naik tipis sekitar 0.05 persen ke kisaran 1.3013 terhadap Dolar AS, setelah publikasi data GDP Inggris untuk kuartal I/2019.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Mata uang Poundsterling hanya naik tipis sekitar 0.05 persen ke kisaran 1.3013 terhadap Dolar AS, setelah publikasi data Gross Domestic Product (GDP) Inggris untuk kuartal I/2019. Di dalam negeri, pelaku pasar masih berfokus pada perkembangan negosiasi lintas partai terkait brexit. Sementara itu, faktor eksternal seperti kekuatan Dolar AS dan negosiasi AS-China juga cukup menyita perhatian.

GBPUSD Daily

UK Office for National Statistics (ONS) mengumumkan bahwa pertumbuhan GDP Inggris menurun 0.1 persen (Month-over-Month) dalam bulan Maret 2019, padahal sebelumnya diperkirakan hanya akan stagnan (0 persen). Sementara itu, laporan preliminer pertumbuhan GDP kuartal I/2019 menunjukkan kenaikan 0.5 persen (Quarter-over-Quarter), sesuai dengan ekspektasi pasar. Laju pertumbuhan ekonomi tahunan pun tetap meningkat dari 1.4 persen menjadi 1.8 persen dalam kuartal pertama, selaras dengan prediksi para ekonom.

Serangkaian laporan ekonomi Inggris lainnya menunjukkan kinerja lebih baik. Produksi manufaktur meningkat 0.9 persen (Month-over-Month) selama bulan Maret, melampaui ekspektasi yang dipatok pada 0.2 persen saja. Produksi industri pun meroket 0.7 persen (Month-over-Month), mengungguli ekspektasi yang hanya 0.1 persen.

Meski demikian, reaksi Poundsterling cenderung minim karena adanya berbagai ketidakpastian lain yang memengaruhi pelaku pasar saat ini. Daniela Sabin Hathorn dari DailyFX mencatat, "Reaksi Sterling teredam, sebagian besar karena pasar berfokus pada diskusi lintas partai mengenai beragam skenario brexit, dan keraguan Bank of England untuk membuat keputusan suku bunga apapun hingga ada kejelasan politik yang lebih baik."

Sebagaimana diketahui, PM Theresa May dikabarkan telah menentukan akhir pekan ini sebagai deadline perundingan lintas partai. Negosiasi perdagangan AS-China juga dijadwalkan akan berakhir hari ini, dengan hasil yang boleh jadi menentukan arah pergerakan mata uang mayor. Headline berita-berita politik agaknya masih akan menjadi penggerak pasar hingga penutupan dini hari besok.

288479

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.


15 Jul 2019

1 Ags 2019

19 Ags 2019