OctaFx

iklan

Preliminer GDP AS Kuartal Ketiga Membaik, Greenback Coba Menguat

Data preliminer GDP AS Kuartal Ketiga menunjukkan pertumbuhan 3.3 persen, lebih cepat dibandingkan perkiraan semula yang sebesar 3.0 persen pada data GDP First Release.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Perekonomian AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan semula pada kuartal ketiga, sehingga mencatatkan kenaikan tercepat dalam tiga tahun, didorong kenaikan investasi bisnis terkait persedian dan peralatan yang dapat mengimbangi moderasi dalam belanja konsumen.

Prelim GDP AS Kuartal Ketiga Tumbuh

 

Departemen Perdagangan pada hari Rabu (29/11) melaporkan data preliminer GDP AS Kuartal Ketiga tumbuh 3.3 persen, lebih cepat dibandingkan perkiraan semula yang sebesar 3.0 persen pada data GDP First Release. Terjadi rebound pada belanja Pemerintah, sehingga mendorong ekonomi AS tumbuh dalam laju tercepat sejak kuartal ketiga 2014.

Sektor bisnis mengumpulkan persediaan pada kecepatan 39 Milyar Dollar, direvisi naik dari 35.8 Milyar Dollar pada laporan GDP First Release lalu. Hal itulah yang mendorong data GDP preliminer  tumbuh lebih baik dari perkiraan sebelumnya.

Di luar "Inventory Investment", ekonomi Negeri Paman Sam tumbuh pada tingkat 2.5 persen. Bila diukur dari sisi pendapatan, output juga mencatatkan kenaikan 2.5 persen. Departemen terkait juga mengatakan, keuntungan perusahaan setelah pajak melonjak sebesar 5.8 persen di kuartal ketiga, padahal pada kuartal sebelumnya hanya naik 0.1 persen.

Pemulihan ekonomi AS telah memasuki tahun kedelapan setelah dihantam resesi pada tahun 2007-2008 silam dan memperlihatkan adanya sedikit tanda "kelelahan". Namun, perekonomian AS secara keseluruhan masih disokong oleh pasar tenaga kerja yang ketat dan belanja konsumen.

Ekonom melihat dorongan kecil (GDP) yang tumbuh yang berasal dari upaya Presiden Trump berserta anggota Kongres dari kubu partai Republik di parlemen untuk mendorong paket pemotongan pajak secara luas. Trump berkeyakinan pajak yang rendah akan mengangkat pertumbuhan GDP tahunan ke atas 3 persen secara bekelanjutan.

Rilis data preliminer GDP AS kuartal ketiga yang lebih baik tersebut mendorong Greenback menguat terhadap sebagian besar major currency. Pada pukul 21:25 WIB, pair USD/JPY berada di level 111.94 atau langsung naik 0.3 persen. Kondisi serupa juga terlihat pada USD/CHF yang menguat dan berada di level 0.9860.

281262

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


24 Sep 2019