Advertisement

iklan

Retail Sales Kanada Beragam, Dolar Kanada Melemah

Data Retail Sales Kanada untuk bulan Maret memang tumbuh lebih baik dari perkiraan, tetapi Core Retail Sales anjlok dan menyeret turun Dolar Kanada.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Penjualan Ritel Kanada meningkat selama periode Maret 2018, bahkan mengungguli forecast dari para ekonom. Akan tetapi, laporan penjualan inti justru turun di luar dugaan. Hal tersebut membuat pergerakan Loonie tertekan di awal sesi New York malam ini (18/Mei).

 

 

 

Departemen Stastistik Kanada pada hari Jumat merilis data Retail Sales yang meningkat 0.6 persen menjadi 50.2 miliar Dolar di bulan Maret, lebih tinggi dibandingkan ekspektasi kenaikan 0.3 persen oleh ekonom dalam sebuah jajak pendapat sebelumnya. Raihan ini juga lebih baik dari kenaikan 0.5 persen di periode Februari. Lonjakan penjualan kendaraan bermotor di dealer mampu mengimbangi rendahnya penjualan di toko makanan, minuman, dan penjualan bahan bakar.

Setelah naik 2.0 persen pada penjualan kendaraan dan suku cadang di bulan Februari, penjualan di dealer mengalami peningkatan 3.0 persen di bulan Maret. Bahkan, laporan penjualan mobil baru yang berkontribusi besar terhadap kenaikan data Retail Sales Kanada malam ini melonjak 3.3 persen.

Toko pakaian berserta aksesoris mencatatkan kenaikan 2.5 persen di bulan Maret, setelah menurun pada bulan Februari. Untuk pertama kalinya sejak November 2017, terjadi kenaikan di seluruh jenis toko pakaian pada subsektor ini.

Di sisi lain, penjualan di toko makanan dan minuman menurun -1.2 persen (menjadi penurunan tiga bulan secara beruntun), sebagian besar disebabkan karena penurunan penjualan di supermarket dan grosir. Penurunan lain terjadi di stasiun bahan bakar yang merosot -1.9 persen.

Kenaikan penjualan Ritel dilaporkan naik di tujuh provinsi (berkontribusi 93 persen dari total Retail Sales). Penjualan di Quebec naik 1.3 persen, Ontario naik 0.6 persen, Toronto naik 1.0 persen, dan Montreal naik 2.1 persen. Setelah menderita penurunan selama tiga bulan beruntun, penjualan di Manitoba tumbuh sebesar 3.2 persen. British Columbia juga meningkat 0.6 persen, diiringi dengan penjualan di Vancouver yang meningkat 2.4 persen.

Secara keseluruhan, penjualan ritel dilaporkan meningkat pada 6 dari 11 subsektor, yang mewakili 53 persen dari total Retail Sales Kanada bulan Maret.

 

Core Retail Sales Jeblok, Loonie Tenggelam

Sementara itu, Core Retail Sales (data penjualan di luar penjualan kendaraan) dilaporkan menurun -0.2 persen, mematahkan ekspektasi kenaikan dari para ekonom yang memprediksikan kenaikan 0.5 persen. Sebelumnya, Core Retail Sales Kanada bergerak stagnan selama Februari. Suramnya data penjualan ritel inti dipicu oleh penurunan penjualan di toko makanan dan stasiun pengisian bahan bakar.

Pasca rilis data Retail Sales Inti yang menurun, Dolar Kanada (Loonie) terlihat melemah versus Greenback di awal sesi New York malam ini. Pada pukul 20:08 WIB, pair USD/CAD naik cukup signifikan dan diperdagangkan pada level 1.2903, bergerak menjauhi level Low harian pada 1.2791.

283743

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


18 Jul 2019

15 Jul 2019