Advertisement

iklan

Risk Appetite Kembali, Euro Tembus High 3 Pekan

Euro menembus level tertinggi 3 pekan, seiring dengan kembalinya Risk Appetite diantara Investor yang optimis terhadap prospek Euro.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Performa mata uang Euro begitu dominan dalam dua hari terakhir dengan menembus level tertinggi 3 pekan pada sesi perdagangan hari Rabu (15/11), seiring dengan kembalinya Risk Appetite diantara Investor yang optimis terhadap prospek Euro. Di awal sesi New York malam ini, EUR/USD bergerak konsolidasi setelah melonjak signifikan di sesi Eropa tadi sore.

 Risk Appetite Kembali, Euro Tembus High

 

Melambungnya Euro juga disokong oleh pelemahan Dollar di tengah semakin menurunnya prospek rencana reformasi pajak AS. Dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibandingkan Negeri Paman Sam selama kuartal ketiga tahun ini, Investor lebih nyaman dalam memegang aset beresiko di Eropa.

"Pertumbuhan Eropa menunjukan perbaikan yang positif, dan kita mulai melihat adanya keraguan yang merayap di kalangan Investor mengenai prospek reformasi pajak AS", ucap Timothy Graf, Kepala Strategi Makro EMEA di London.

Euro diprediksi bakal terus mendapat tenaga bullish bila ketidakpastian prospek rencana reformasi pajak AS terus berlanjut. Pada hari Selasa lalu, Senat dari partai Republik menghubungkan pembatalan komponen kunci Obamacare dengan rencana ambisius reformasi pajak yang digagas oleh Presiden Trump.

Alhasil hal itu meningkatkan resiko politik dan ketidakpastian baru yang menghapus outlook bullish Dollar. Padahal, rencana reformasi pajak oleh Presiden Trump menjadi kunci utama penguatan Dollar dalam beberapa bulan terakhir.

Mata uang tunggal Euro melonjak hingga menembus level kunci pada 1.1734 pada hari Selasa kemarin, dan melanjutkan kenaikan sebesar 0.54 persen pada hari ini hingga menyentuh level 1.1854 pada pukul 20:42 WIB malam ini. Dalam dua hari terakhir, pergerakan Euro versus Greenback mencetak kenaikan paling impresif dalam kurun enam bulan terakhir.

281049

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


18 Jul 2019

15 Jul 2019