Advertisement

iklan

Saatnya Beralih Dari Bitcoin Ke Altcoin Lain

Gegara masalah skalabilitas, berbagai Altcoin mampu menyelesaikan waktu transaksi yang relatif lebih cepat daripada Bitcoin.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Selama beberapa minggu terakhir, para pengguna Bitcoin selalu mengeluhkan biaya transaksi yang tinggi dan juga waktu konfirmasi yang lambat di jaringan inti Blockchain Bitcoin (Bitcoin Core). Bersamaan dengan munculnya keluhan dan masalah tersebut, Altcoin lain seperti Bitcoin Cash (BCH), Dash (DASH), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC) dan Ripple (XRP) telah mengalami lonjakan harga yang signifikan. Hal ini karena berbagai Altcoin lain tersebut mampu untuk menyelesaikan waktu transaksi yang relatif lebih cepat daripada Bitcoin.

Saatnya Beralih Dari Bitcoin

 

Jika kita mengunjungi situs komunitas Bitcoin seperti Bitcointalk.org maupun di Reddit.com, maka kita akan akan menemukan perdebatan hebat mengenai masalah skalabilitas Bitcoin yang membuat biaya transaksi membengkak dan kecepatan transaksi melambat. Bahkan ada yang langsung menghakimi Bitcoin sudah "tidak layak pakai" lagi sebagai suatu mata uang, karena kelambatan proses transaksi dan biaya yang bahkan mencapai angka $41 per transaksi.

Saat ini, memang jaringan Bitcoin masih paling banyak digunakan dalam lingkup persentase transaksi yang dilakukan. Menurut data dari Blockchain.info, throughput Bitcoin rata-rata sudah mencapai 300,000 hingga 450,000 transaksi terkonfirmasi dalam sehari.

Antrian transaksi yang biasa di kenal sebagai mempool sudah penuh pada saat tulisan ini dibuat, bahkan situs Blockchain.info masih memiliki lebih dari 270,000 transaksi lain yang belum dikonfirmasi.

Sedangkan biaya untuk jaringan Bitcoin Core menurut statistik biaya Earn.com menunjukkan ukuran transaksi rata-rata yang dilakukan saat ini menghasilkan 226 byte atau mengharuskan pemotongan biaya transaksi sebesar 223,740 Satoshi atau senilai $34. Bitinfochart mencatat bahwa rata-rata biaya transaksi sebesar $41, lalu biaya rata-rata gabungan yang dicatat oleh Bitcoinfees.info mencapai $37 per transaksi.

Jumlah transaksi (tx) per hari, per blok, dan tingkat biaya per (tx) telah menghasilkan waktu pemrosesan rata-rata 34 menit hingga 1,188 menit menurut Blockchain.info. Artinya, jika kita melakukan transaksi pada detik ini, paling cepat transaksi baru diproses setelah 34 menit, dan paling lama akan diproses setelah 1,188 menit atau 19 Jam.

Dengan proses transaksi yang "tidak instan" seperti itu, apakah masih pantas Bitcoin disebut sebagai mata uang yang akan menguasai dunia?

Contohnya, jika kita mengambil Bitcoin Cash (BCH) sebagai perbandingan dengan Bitcoin Classic (BTC). Bitcoin Cash memiliki rata-rata waktu konfirmasi sekitar 8 menit hingga 18 menit saja menurut Bitinfocharts. Lalu, biaya rata-rata untuk transaksi BCH adalah sekitar $0.027 per transaksi (data pada tanggal 21 Desember menurut Bitinfocharts). Biaya rata-rata tertinggi yang pernah dikenakan pada transaksi BCH hanyalah sekitar $0.06 hingga $0.11. Jelas bahwa dalam hal ini, BCH lebih kompetitif.

281644

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.