Statement Lowe RBA Dicerna Dovish, AUD/USD Merosot

Gubernur Bank Sentral Australia, Philip Lowe, memberikan pernyataan bernada dovish terkait prospek suku bunga tahun ini. Dolar Australia pun melemah tajam.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Dolar Australia melemah tajam pada hari Rabu (6/2) siang ini, dihantam oleh pernyataan bernada dovish dari Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA), Philip Lowe. Pair AUD/USD bahkan anjlok ke area 0.7100, dan berada di jalur penurunan harian terbesar sejak awal Januari. Aksi jual AUD secara masif pada perdagangan Asia hari ini sebagai reaksi atas komentar Lowe terkait prospek suku bunga. Pasar mencernanya sebagai kenaikan probabilitas pemangkasan suku bunga di bulan-bulan mendatang.

RBA Lowe Beri Statement Dovish, AUD/USD

"Selama setahun terakhir, skenario suku bunga RBA naik lebih dominan dibandingkan skenario suku bunga turun. Namun saat ini, probabilitas (keduanya) tampak seimbang," kata Lowe di acara National Press Club di Sydney.

Lowe menambahkan bahwa jika pasar tenaga kerja Australia tahun ini semakin ketat, maka prospek Rate Hike akan semakin meningkat. Namun, pelunakan data fundamental lain memaksa RBA untuk kembali menilai situasi sebelum melakukan Rate Hike.

Statement Lowe tersebut diyakini pasar sebagai sinyal bahwa saat ini, bank sentral Australia tengah menghadapi tantangan berat yang membuat probabilitas untuk menaikkan suku bunga semakin menipis. Hambatan seperti penurunan harga properti dan ketidakpastian perekonomian global menjadi beberapa faktor yang membebani ekonomi Australia tahun ini.

 

AUD/USD Melemah Tajam

Pasca Statement dovish dari gubernur RBA, pergerakan mata uang dolar Australia langsung tertekan versus mata uang mayor lain. Pair AUD/USD turun sebanyak 0.97 persen dan saat ini berada di kisaran 0.7165, atau berada di level terendah sepekan.

RBA Lowe Beri Statement Dovish, AUD/USD

Dolar Australia juga merosot terhadap mata uang safe haven seperti Yen, Franc Swiss, juga Dolar Komoditas yaitu CAD dan NZD. Secara khusus, pasanga mata uang AUD/CAD dan AUD/NZD terperosok menuju level paling rendah 5 pekan, setelah gejolak pasar mata uang di awal Januari lalu.

287283

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


30 Apr 2019

Kurniawan
Sell AUD/USD