Surplus Trade Balance Australia Positif, AUD/USD Lanjutkan Reli

Surplus Trade Balance Australia sedikit menyusut ketimbang periode sebelumnya, tapi masih lebih baik dari ekspektasi. AUD/USD pun kembali melanjutkan reli jangka pendek.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Pada hari Kamis (05/September), Biro Statistik Australia merilis data Neraca Perdagangan (Trade Balance) yang mengalami surplus sebesar 7.27 miliar pada bulan Juli. Angka ini lebih baik dibandingkan forecast ekonom sebelumnya yang memprediksi surplus 7.20 miliar saja. Namun, rilis Trade Balance kali ini berada di bawah gain periode Juni yang menorehkan surplus 7.98 miliar.

Surplus Trade Balance Australia Lewati

Kondisi surplus pada Neraca Perdagangan Australia bulan Juli sebagian besar disumbang oleh ekspor emas yang melonjak 66 persen dengan total nilai 1.08 miliar Dolar. Kenaikan lain juga terjadi pada layanan barang dan jasa, yang ikut terkerek naik sebanyak 240 juta Dolar (1 persen) menjadi 42.53 miliar Dolar.

Sementara itu, impor terhadap barang dan jasa juga mengalami peningkatan sebanyak 979 juta Dolar (3 persen) sehingga menjadi 35.27 miliar Dolar. Kenaikan lain tercatat pada impor produk merchandise yang melonjak 5 persen menjadi 541 juta Dolar, sementara barang konsumsi naik 4 persen menjadi 378 juta Dolar.

 

AUD/USD Perpanjang Kenaikan 3 Hari Beruntun

Rrilis data neraca perdagangan Australia untuk periode Juli menopang kenaikan AUD versus USD. Menariknya, kenaikan pasangan mata uang tersebut sudah terbentuk selama 3 hari ke belakang.

Pada saat berita ini ditulis, pair AUD/USD diperdagangkan pada kisaran 0.6819, menguat 0.38 persen dari harga Open harian. Dolar Australia juga telah rebound nyaris 2 persen versus Dolar AS dari posisi terendah multi tahunan (0.6687) yang tersentuh pada perdagangan hari Selasa (03/September).

Surplus Trade Balance Australia Lewati

Selain data Neraca Perdagangan yang lebih baik dari ekspektasi, reli menyakinkan AUD terhadap Dolar AS tidak terlepas dari berbagai faktor, mulai dari RBA yang menahan suku bunga acuan di level 1.0 persen hingga kembalinya minat risiko pasar. Di samping itu, meredanya tensi geopolitik di berbagai negara ikut menyokong penguatan Dolar Australia pagi ini.

289949

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.