Advertisement

iklan

Actual Forecast Previous Lebih Bagus Mana?

iklan

iklan

Analisa Fundamental

2017
1. Lebih bagus perhatikan forecast dengan actual / previous dengan actual?2. Apakah revisi berita mempunyai dampak?? Jika ada, apa yg terjadi jika berita yg direvisi tersebut smakin membaik?thanks master
2017

@ Andy:
1. Perhatikan keduanya, lihat hasil actual versus forecast dan previous-nya.
Misal data Non Farm Payrolls (NFP) AS. Data previous 200,000 job, forecast 150,000 job:

  • Jika hasil rilisnya (data actual) diatas data previous dan forecast (misal 250,000 job) maka kemungkinan besar USD akan menguat.
  • Jika hasil rilisnya (data actual) dibawah data previous dan forecast (misal 100,000 job) maka kemungkinan besar USD akan melemah.
  • Jika hasil rilisnya (data actual) diantara data previous dan forecast (misal 175,000 job) maka unpredictable, USD bisa menguat bisa melemah. Dalam hal ini sebaiknya tunggu arah sentimen pasar sebelum entry.

2. Revisi data yang telah dirilis sebelumnya akan mempunyai dampak pada pergerakan harga saat ini, tetapi biasanya dampaknya tidak sebesar hasil rilis data actual.

Jika data sebelumnya direvisi menjadi lebih baik maka akan berdampak positif pada mata uang negara tersebut, dan sebaliknya. Seperti data NFP AS bulan Nopember 2016 yang direvisi naik dari 178,000 ke 204,000 (direvisi menjadi lebih baik), maka akan berdampak positif pada USD.

2017

Didalam membaca Actual dan previous serta revisi, seringkali pergerakan candle tidak jelas, kalau beritanya ke buy malah ke sell. mohon petunjuk cara membaca berita dalam angka dan revisi.

Thanks

2017

@ Shafiq Affifi:

Pada saat awal rilis data derdampak tinggi, sentimen pasar memang tidak bisa diduga. Kadang datanya bagus tetapi mata uangnya melemah dulu baru menguat, dan fluktuasi pergerakannya sangat tinggi. Oleh sebab itu dalam trade by news kami selalu menyarankan agar tidak entry pada saat data dirilis, tetapi tunggu sekitar 30 menit setelah data dirilis, dimana arah sentimen pasar sudah jelas.

Selain itu data fundamental yang bagus tidak serta merta menyebabkan mata uang negara tersebut menguat, termasuk jika ada revisi dari data sebelumnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi sentimen pasar termasuk isu politik baik domestik maupun global.

Sebagai catatan tambahan, pada keadaan pasar normal, dimana jumlah rilis data yang low, medium dan high impact berimbang, maka data yang low impact akan tidak ada efeknya, yang medium impact bisa ada efeknya bisa tidak, kalaupun ada tidak begitu tinggi, sedang data yang high impact akan tinggi efeknya.

Kalau pasar lagi sepi berita (jumlah data yang dirilis sangat minim), maka data yang low impact akan ada efeknya, dan data yang medium impact akan bisa berdampak tinggi.
Kalau lagi ramai sekali (jumlah data yang dirilis sangat banyak), maka data yang low impact tidak akan diperhatikan, data yang medium impact bisa tidak ada efeknya, dan data yang high impact bisa hanya berdampak sedang (terbatas) atau bahkan tidak berdampak jika dirilis bersamaan dengan data high impact lainnya.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 12 4468 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 11 4798 2015
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 7 3707 2015
Dampak suku bunga terhadap trader? Yunus 7 287 28 Jan 2021
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 2178 2018
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 3402 2015