EUR/USD 1.066   |   USD/JPY 154.370   |   GBP/USD 1.246   |   AUD/USD 0.644   |   Gold 2,376.39/oz   |   Silver 28.30/oz   |   Wall Street 37,775.38   |   Nasdaq 15,601.50   |   IDX 7,044.68   |   Bitcoin 63,512.75   |   Ethereum 3,066.03   |   Litecoin 80.80   |   PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) mencatat jumlah pengunjung saat libur lebaran 2024 ini mencapai 432,700 orang, 19 menit lalu, #Saham Indonesia   |   S&P 500 turun 0.2% menjadi 5,039, sementara Nasdaq 100 turun 0.4% menjadi 17,484 pada pukul 20:09 ET (00:09 GMT). Dow Jones turun 0.2% menjadi 37,950, 19 menit lalu, #Saham AS   |   Netflix turun hampir 5% dalam perdagangan aftermarket setelah prospek pendapatannya pada kuartal kedua meleset dari estimasi, 26 menit lalu, #Saham AS   |   Apple menghapus WhatsApp dan Threads milik Meta Platforms (NASDAQ:META) dari App Store di Cina pada hari Jumat setelah diperintahkan oleh pemerintah Cina, 29 menit lalu, #Saham AS

Apa Betul OKPay Dan Fasapay Tak Bisa Dipercaya?

Deposit Withdrawal

2016
Ada website yang mengatakan untuk tidak menggunakan broker yang memfasilitasi pengiriman uang melalui okpay dan fasapay. Logika mereka, karena okpay dan fasapay ilegal (menurut mereka) maka broker tersebut tidak bisa dipercaya. Apa betul begitu?
2016

Untuk TriNur..

Okpay dan fasapay merupakan alat pembayaran yang mencerminkan kemudahan dan kemajuan dalam dunia transaksi. Legal atau ilegalnya sebuah cara atau metode atau alat pembayaran, tentu perlu di pastikan dasar legalitas atau hukumnya. Apakah layanan tersebut dibawah naungan otoritas / badan tertentu atau sebaliknya ?

Jika ada otoritas / badan yang menangunginya dan bertanggung jawab maka itu legal. Hanya saja otoritas/ badan tersebut bisa diakui diwilayah umum (internasional) atau hanya terbatas di wilayah sendiri (nasional) saja.

Masalah legal dan ilegal itu terkait dengan dasar hukum dan kedaulatan atas badan yang menjadi payung hukumnya. Layanan Wiretransfer sudah diakui di tingkat internasional. Layanan dan mitra kerja okpay dan fasapay ruang lingkupnya masih dalam negeri dan beberapa negara tetangga, atau produk tertentu  (termasuk mitra brokernya) dan ini yang membedakannya.

Site yang anda maksud, memandang dengan kacamata/logika yang berbeda. Dengan menjadikan layanan transaksi internasional untuk menilai layanan yang ruang lingkupnya masih terbatas, sehingga broker yang bekerja sama dengan Okpay atau Fasapay dianggap ilegal, dan hal ini terkait juga dengan badan regulasi yang menaungi atas kinerja dari broker yang bersangkutan.

Broker Amerika misal tidak mungkin menerima layanan Fasapay dan Okpay karena terikat  dengan peraturan regulatornya untuk tidak menerima layanan-layanan yang tidak sesuai dengan peraturannya.

Sementara broker diluar itu bisa menerima jenis layanan apa saja asal sesuai dengan aturan regulator yang dibuatnya.

Legal dan dan ilegal terkait dengan peraturan. Site yang anda maksud mempunyai cara pandang yang berbeda, dan itu wajar saja. Karena mereka berada/mengikuti peraturan yang berbeda dengan yang lainnya.

Saran saya :

Ada banyak layanan / jenis transaksi yang bisa anda gunakan dan manfaatkan sesuai dengan kondisi keuangan yang anda miliki. Dalam kondisi ini anda harus bersikap obyektif dan luwes. Jika anda memilki dana sebesar $100, dan ingin menggunakan broker dengan memakai layanan wiretransfer (yang menurut mereka legal) maka anda belum apa-apa sudah keluar dana besar, dengan biaya transfer antara $20 - $30.

Demikian pun saat masuknya dana, bisa sampai 1 minggu masuk akun. Keuntungan trading belum ada jaminan, karena trading ini termasuk usaha High Risk. Jika pun ada keuntungan, anda harus terkena biaya penarikan sebesar $20 - $30

Jika saja anda sudah mahir trading, jam terbang sudah tinggi, anda sudah berada dalam level trader pro yang trading dengan dana puluhan, ratusan juta atau milyaran, WD bisa tiap hari, maka biaya layanan $ 20 - 30 sudah tidak ada artinya. Maka dalam kondisi ini anda wajib bermitra dengan broker bergengsi yang memberikan layanan asuransi atas dana yang anda simpan dibroker tersebut. Maka selain menjadi trader mahir, "jadilah trader yang kondisional, yang mengetahui di level manakah saat ini saya berada".

Thanks.

2016

Terima kasih pak Rachmat, atas jawaban yang sangat memuaskan.

2016

@ TriNur:
Fasapay adalah perusahaan lokal yang bergerak dalam jasa transaksi keuangan dan bisa membantu transfer dana secara lokal (melalui rekening bank-bank lokal milik Fasapay) ke rekening bank broker asing di luar negeri. Meski Fasapay bukan perusahaan e-currency seperti e-gold dan Liberty Reserve yang ternyata keduanya scam, namun trader yang sudah berpengalaman menggunakan jasa pembayaran pihak ke 3 dan pernah ada masalah dimana tiba-tiba perusahaan tersebut diblokir karena disinyalir melakukan bisnis illegal (seperti yang terjadi pada Liberty Reserve), dan dana mereka tidak bisa kembali, tentunya tidak akan merekomendasikan pembayaran melalui pihak ke 3.
Pemilik website yang Anda maksud tersebut kemungkinan sudah pernah mengalami akibat dari scam-nya jasa pembayaran semacam itu.

Broker yang melindungi klien-nya dari kemungkinan scam-nya jasa pembayaran pihak ke 3 (termasuk perusahaan e-currency) tentu tidak akan bekerjasama dengan perusahaan e-currency atau perusahaan jasa pembayaran.
Kalau ternyata perusahaan e-currency atau perusahaan jasa pembayaran tersebut scam, siapa yang akan bertanggung jawab atau akan mengganti dana kita? Seperti yang terjadi pada e-gold dan Liberty Reserve, tidak ada dana klien yang kembali.

Kategori Deposit Withdrawal

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Bagaimana Perlakuan Pajak Indonesia Pada WD Ke Bank Lokal? Musliaty Mmahmud 18 14614 2016
Deposit di broker gagal. Ada solusi? Juliyulhidayatulloh 17 9146 2019
Bagaimana Jika Deposit Fasapay Lupa No. Referensi? Yusep Nur Selfa 16 6635 2017
Cara Deposit Ke eToro? Akaulani 16 4493 2019
Posisi Floating Profit, Bisakah Withdraw? Jastin 10 4702 2016
Cara Depo/WD Aman Untuk Dana Di Atas 100 Juta? Ghany 9 7937 2015