Advertisement

iklan

Apa Maksud Dari Obligasi?

Ekonomi

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

15 Jan 2013

selamat sore.. saya mau bertanya mengenai fundamental..
apa yang di maksd dg obligasi?

apa yang di maksd dg pemangkasan suku bunga?

jika negara memotong suku bunga,, maka apa yang terjadi dg keadaan ekonomi di negara tersbut?

trims..

15 Jan 2013

menurut artinya, Obligasi merupakan surat utang jangka menengah-panjang yang dapat dipindahtangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Sedang Pendapatan atau imbal hasil atau returnyang akan diperoleh dari investasi obligasi dinyatakan sebagai yield, yaitu hasil yang akan diperoleh investor apabila menempatkan dananya untuk dibelikan obligasi. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi obligasi, investor harus mempertimbangkan besarnya yield obligasi, sebagai faktor pengukur tingkat pengembalian tahunan yang akan diterima.

Pemangkasan suku bunga biasanya dilakukan karana  melemahnya perekonomi negara tersebut. penanggulangan pengangguran dan menekan penguatan mata uang.

contoh :

Reserve Bank of Australia, selaku bank sentral Australia memangkas suku bunga acuan ke level terendah dalam setengah abad terakhir setelah tingkat pengangguran meningkat dan menguatnya mata uang Australia menyakiti sektor manufaktur dan pariwisata.

Gubernur RBA, Glenn Stevens memangkas suku bunga menjadi 3 persen, bank sentral tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan di Sydney hari ini.

Dalam pernyataannya, Stevens mengatakan bahwa dolar Australia masih tetap lebih tinggi daripada yang telah diharapkan meski biaya ekspor yang diberikan lebih rendah dan prospek global yang melemah. Keputusannya ini diambil untuk menekan tingkat upah di Australia dan meningkatnya tingkat pengangguran pada 2 tahun terakhir.

Bagi anda yang trading di pair mata uang AUD, maka AUD berpeluang besar untuk melemah dalam jangka panjang.

berita 4 desember 2012

Thanks

24 Okt 2019

@Usman Mukhamad: Dalam istilah keuangan, pengertian obligasi (bond) adalah surat utang yang diberikan oleh debitur kepada kreditur dan telah disekuritisasi. Obligasi diterbitkan oleh debitur yang berstatus sebagai perusahaan (korporasi), pemerintah kota, ataupun suatu negara untuk mendanai proyek infrastruktur atau kebutuhan anggaran belanja lain. Pemilik obligasi (kreditur) akan membeli atau melepas obligasi berdasarkan pertimbangan imbal hasil berupa bunga yang akan diperoleh. Hal ini membuat obligasi berperan penting sebagai salah satu aset investasi yang menguntungkan, sekaligus instrumen kebijakan pemerintah dan sumber permodalan korporasi.

Terima Kasih

Kategori Ekonomi

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apakah EUR dapat mengimbangi USD sebagai mata uang paling konv... Wayfquy Asdrianti 5 5986 22 Mar 2013
Cara menganalisa pergerakan kurs mata uang menggunakan siklus ... Surya 4 8283 17 Sep 2013
Berapa nilai tertinggi dan terendah EURUSD? Teguh 3 5023 16 Jun 2012
Dampak negatif suku bunga rendah? Dodi Bonvis 3 3897 14 Apr 2015
tanya mengenai Suku bunga? Ira 3 3414 29 Mar 2019
Berapa persen inflasi yang diinginkan suatu negara setiap tahu... Herry 2 49070 09 Feb 2012