Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Apa Penyebab Kejatuhan USD/JPY??

Analisa Fundamental

05 Nov 2016
Master..saya ingin tnya,adakah kejatuhan pair USD/JPY sekitar minggu ini disebab kn kestabilan ekonomi JPY atau impak pemilu us dan gimana pula EUR/JPY,GBP/JPY yang pada awal nya jatuh kemudian jatuh.
08 Nov 2016

@ Faizzaina:

- Karena dampak isu ketidak pastian hasil pemilu presiden AS sehingga USD melemah. Diperkirakan minggu ini USD akan volatile sesuai dengan perkembangan isu sebelum, pada saat dan hasil perhitungan cepat (quick count) sesudah pemilihan presiden.

Jika Anda trading di pasangan mata uang utama (EUR/USD, USD/JPY, GBP/USD, USD/CHF, AUD/USD, USD/CAD, NZD/USD) dan XAU/USD, maka abaikan data fundamental ekonomi kecuali suku bunga RBNZ dan konperensi pers RBNZ karena fokus pasar keuangan dunia akan tertuju pada pilpres AS, kecuali Anda trading pada mata uang cross (EUR/JPY, GBP/JPY, EUR/GBP dan lainnya).

- EUR/JPY dan GBP/JPY: EUR/JPY minggu lalu memang drop (JPY menguat) tetapi GBP/JPY drop lalu menguat akibat hasil BoE meeting yang dianggap hawkish.

Trend JPY memang cenderung menguat meskipun perekonomian Jepang sedang dilanda deflasi. Hal tsb karena JPY dianggap sebagai mata uang safe haven sehingga ketika perekonomian Jepang sedang memburuk mata uangnya tetap diburu (sentimen buying).

Itu bisa terjadi karena Jepang adalah negara dengan international investment yang selalu surplus, artinya para investor Jepang memiliki asset-asset diluar Jepang lebih banyak dibandingkan investor asing yang memegang asset-asset Jepang. Selain itu Jepang adalah salah satu negara kreditor terbesar dunia. Pada tahun 2010 Jepang adalah kreditor nomer satu di dunia, disusul China, Jerman, Saudi Arabia dan Swiss.

Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Analisa Fundamental