Advertisement

iklan

Apakah Memperbanyak Uang Yang Beredar Merupakn Salah Satu Kebijakan Moneter?

Ekonomi

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

28 Mar 2013

mastah apakah salah satu kebijakan moneter itu dengan cara memperbanyak uang yang beredar ?

28 Mar 2013

Kebijakan moneter adalah proses mengatur persediaan uang sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu; seperti menahan inflasi, mencapai pekerja penuh atau lebih sejahtera. Kebijakan moneter dapat melibatkan mengeset standar bunga pinjaman, margin requirement, kapitalisasi untuk bank atau bahkan bertindak sebagai peminjam usaha terakhir atau melalui persetujuan melalui negosiasi dengan pemerintah lain.

Kebijakan moneter pada dasarnya merupakan suatu kebijakan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan internal (pertumbuhan ekonomi yang tinggi, stabilitas harga, pemerataan pembangunan) dan keseimbangan eksternal (keseimbangan neraca pembayaran) serta tercapainya tujuan ekonomi makro, yakni menjaga stabilisasi ekonomi yang dapat diukur dengan kesempatan kerja, kestabilan harga serta neraca pembayaran internasional yang seimbang.

Dalam pelaksanaannya, Bank Nasional  memiliki kewenangan untuk melakukan kebijakan moneter melalui penetapan sasaran-sasaran moneter (seperti uang beredar atau suku bunga) dengan tujuan utama menjaga sasaran laju inflasi yang ditetapkan oleh Pemerintah. Secara operasional, pengendalian sasaran-sasaran moneter tersebut menggunakan instrumen-instrumen, antara lain operasi pasar terbuka di pasar uang baik rupiah maupun valuta asing, penetapan tingkat diskonto, penetapan cadangan wajib minimum, dan pengaturan kredit atau pembiayaan.

Banyaknya uang yang beredar hal ini bisa menimbulkan masalah juga. yang jelas dari Kebijakan Moneter tujuannya adalah  menstabilkan nilai mata uang.

Thanks

28 Okt 2019

@ Eddy Eccy:

Ya, kebijakan tersebut berupa stimulus atau Quantiutative Easing. Dalam hal ini bank sentral biasanya membeli obligasi pemerintah dalam jumlah tertentu guna memperbanyak uang beredar. Hal ini dilakukan ketika aktivitas ekonomi sedang lesu, dan menuju ke arah resesi.

Untuk keterangan yang lebih lengkap silahkan baca:
Memahami Kebijakan Bank Sentral: Suku Bunga, Stimulus, Dan Intervensi

Kategori Ekonomi

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apakah EUR dapat mengimbangi USD sebagai mata uang paling konv... Wayfquy Asdrianti 5 6051 22 Mar 2013
Cara menganalisa pergerakan kurs mata uang menggunakan siklus ... Surya 4 8445 17 Sep 2013
Berapa nilai tertinggi dan terendah EURUSD? Teguh 3 5097 16 Jun 2012
Dampak negatif suku bunga rendah? Dodi Bonvis 3 3960 14 Apr 2015
tanya mengenai Suku bunga? Ira 3 3473 29 Mar 2019
Berapa persen inflasi yang diinginkan suatu negara setiap tahu... Herry 2 49315 09 Feb 2012

Kesulitan Akses Seputarforex?

Lakukan solusi ini jika Anda mengakses lewat:
PC   |   Smartphone