Aturan Pencetakan Uang Bank Sentral

Analisa Fundamental

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

02 Feb 2015
salam bro. mau tanya neh. apa ada lembaga yg mengatur pencetakan uang bank central. maksudnya begini, contoh BOJ mengeluarkan/mencetak uang untuk stimulus, tadinya saya berfikir suka2 bank central tiap negara mau mencetak berapa banyak uang. tapi ternyata uang itu boleh ngutang dan jepang merupakan salah satu negara kreditur terbesar (bila diliat dari GDP). trims master
02 Feb 2015

Sekalipun bank sentral, tidak semudah itu mencetak uang. Ada ketentuan yang mesti di ikuti. Dalam menerbitkan atau mencetak uang, terdapat dua macam sistem, yang disebut "pseudo gold" dan “uang fiat”. Dalam sistem pseudo gold, uang yang dicetak dan beredar didukung dengan cadangan emas atau perak yang dimiliki badan yang menerbitkannya.

Sedangkan dalam sistem uang fiat, uang yang beredar tidak didukung aset yang riil, bahkan tidak didukung apa-apa. Dalam sistem fiat, pemerintah atau badan yang menerbitkan uang bisa mencetak uang sebanyak apa pun sesuai keinginan.

Dan dunia ekonomi, harga barang akan tergantung pada perbandingan jumlah uang dan jumlah persediaan barang. Jika barang lebih banyak dari jumlah uang yang beredar, maka harga akan cenderung turun. Sebaliknya, jika jumlah barang lebih sedikit dibanding jumlah uang yang beredar, maka harga-harga akan cenderung naik. Karena itulah, pencetakan uang secara tak langsung juga ditentukan oleh hal tersebut, agar tidak terjadi inflasi.

Thanks.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2548 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2680 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 743 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2062 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1812 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 746 17 Apr 2018