Advertisement

iklan

Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Bagaimana Menyikapi Risiko Serupa Tragedi SNB?

Stop Loss

29 Apr 2016
Pak Martin, saya mau diskusi sama pak martin, masih ingatkah dengan tragedi SNB pada bulan januari lalu, memang saya sih tidak trading di pair CHF , saya trade di pair GBP, cumannya saya agak sedikit takut gimana kalo hal semacam itu terjadi di pair GBP...? dimana semua money management, risk management, dan semua SL tidak berfungsi.., dan akhirnya MC yang menjadi pilihan terakhir, kalo menurut pak martin gimana kita sebagai trader untuk menyikapinya..? apakah hal tersebut emang tidak bisa dibendung atau disiasati..? memang kalau posisi yang sedang open searah dengan efek tersebut kita bisa prodit gede, gimana kalo posisi yang sedang open berlawanan dan semua SL yang kita pasang gak berfungsi nah kan ludes semua modalnya.. soalnya hal tersebut bisa saja terjadi kapanpun dan kita tidak tau kapan hal ini bakalan terjadi lagi dan pair mana yang bakalan kena lagi.., thanks...
03 Mei 2016

@ Joni Darwin:
Kejadian SNBomb atau Black Thursday 15 Januari 2015 tidak bisa dicegah dan tidak bisa diantisipasi karena kejadiannya sangat mendadak. Dalam keadaan seperti itu volatilitas sangat tinggi dan terjadi slippage yang sangat besar sehingga stop loss dan juga margin call dari broker tidak berfungsi. Namun demikian sebagian besar trader yang minus banyak hingga saldonya negatif tidak harus membayar kekurangannya karena kebanyakan broker tidak menuntut.

Kejadian tersebut disebabkan oleh dicabutnya pegging EUR/CHF=1.2000 yang telah berlaku sejak tahun 2011 secara mendadak, jadi tidak bisa diantisipasi sebelumnya. Kalau untuk GBP kejadian penting dalam waktu dekat ini adalah referendum Brexit bulan Juni nanti, namun diperkirakan tidak akan sedahsyat SNBomb karena jauh-jauh hari sudah bisa diantisipasi. Ingat ketika referendum Yunani mata uang EUR juga tidak begitu bergejolak.

Untuk mencegah hal tersebut, dari sisi trader sebaiknya tidak trading pada mata uang yang dipatok (di-peg) terhadap mata uang tertentu. Saat ini mata uang utama tidak ada yang dipatok, setahu saya hanya USD/HKD (dollar Hongkong) dimana sudah 30 tahun ini USD/HKD dipatok pada kisaran 7.75 hingga 7.85. Broker Alpari yang pernah kebobolan SNBomb tidak lagi menawarkan pasangan ini untuk ditradingkan (baca: Alpari Ltd. Menutup Pair-Pair Ini, Antisipasi Tragedi Serupa "SNBomb"?)
Selain itu sebaiknya juga trading pada broker yang teregulasi dengan benar oleh regulator yang kredibel dan mempunyai proteksi balance negatif, atau mencantumkan klausa negative balance protection. Untuk keterangan lebih lanjut bisa baca:

Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Stop Loss

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apa Itu Stop Loss Hunter? Roy 8 3309 03 Jul 2012
Cara Kerja Trailing Stop? Donny Septian 7 11149 21 Des 2015
Kena MC karena hedging dan floating spread? Haryo, Fbs 7 1394 09 Mar 2018
Menentukan SL DAN TP Sesuai Target? Feri 3 3793 13 Des 2017
Stop Loss Harus Lebih Jauh Saat Volatilitas Tinggi? Ella 3 1446 27 Okt 2014
Bingung Pasang SL Atau Cut Loss? Mariono 3 1162 28 Sep 2016