Advertisement

iklan

Beralih Dari Akun Demo Ke Akun Real

iklan

iklan

Pemula

2020
Kapan seharusnya saya hijrah dari trading akun demo ke akun live? 3 bulan? 5 bulan? Mohon arahannya
2020

@Hijrah Trading: Jawaban dari kapan seharusnya berpindah ke akun live/real bergantung pada hasil trading Anda di akun demo tersebut. Perlu diketahui bahwa tujuan dari menggunakan akun demo adalah sebagai tempat latihan sampai Anda yakin bisa profit dengan konsisten ketika trading real/live.

Jadi jawabannya bisa Anda temukan sendiri dengan melihat hasil trading akun demo tersebut. Anda tidak perlu bertanya ke siapapun, karena perkembangan akun Anda adalah bukti paling baik untuk melihat kesiapan Anda trading. Saya sarankan minimal bisa konsisten profit 3 bulan dengan risiko yang kecil (maximal drawdown/max DD di bawah 15%). Kalau Anda bisa mencapai hal ini, segera buka akun live/real dan ulangi cara trading yang Anda lakukan di akun demo.

Kalau Anda belum bisa mencapai hasil tersebut, tetap di akun demo sampai bisa mencapainya. Jika Anda tidak bisa konsisten di akun demo, kecil kemungkinannya Anda bisa konsisten di akun real.

1 hal lagi, ketika trading di akun demo, buatlah jurnal agar Anda bisa belajar dari kesalahan-kesalahan trading yang sudah Anda buat. Ini perlu saya sampaikan karena saya banyak menemui pemula yang masih mengulang kesalahan yang sama bertahun-tahun, padahal menggunakan akun live/real. Ini adalah kesalahan fatal. Seorang trader di awal trading perlu membuat banyak kesalahan karena dengan kesalahan-kesalahan tersebut dia bisa belajar menjadi lebih baik. Hal ini bisa dicapai jika si trader punya jurnal trading atau rekam jejak kesalahannya.

Saya pribadi lebih banyak belajar mengenal diri saya sendiri setelah membuat jurnal dan melihat gambaran diri saya dari hasil trading yang saya lakukan. Banyak akun demo dan live/real yang sudah saya bangkrutkan karena kesalahan-kesalahan fatal yang saya buat diawal. Kita sebagai trader tidak akan pernah melakukan trading dengan sempurna, namun dengan belajar dari kesalahan, kita menjadi trader yang lebih baik. Bersabarlah dalam menjalani prosesnya.

Semoga bisa membantu, terima kasih.

2020
Caranya bikin jurnal trading seperti apa Pak Rizki? Buatnya dimana? Apa saja yang harus diamati? Apa cuma catatan hari ini loss berapa profit berapa? Mohon dibantu. Terima kasih.
2020

@Hijrah Trading: Caranya bikin jurnal trading seperti apa Pak Rizki?

Sebelum saya masuk ke cara bikin jurnal, perlu diketahui dulu apa tujuan pembuatan jurnal. Tujuan jurnal adalah mengukur dan sarana memperbaiki performa. Maka, jurnal yang baik memuat berbagai informasi yang diperlukan untuk mengukur dan memperbaiki performa trading. Jurnal ini ada 2 jenis, yaitu jurnal hasil dan jurnal proses. 

  • Jurnal hasil adalah laporan atau data hasil trading seperti berapa jumlah transaksi, berapa persentase transaksi yang profit (win rate), berapa persentase transaksi yang merugi (loss rate), berapa drawdown maksimal, dst. Kita bisa lihat jurnal seperti ini di history account atau riwayat akun di Metatrader4. Jurnal hasil mengukur hasil saja, tanpa memperlihatkan proses profit, proses loss, dst.
  • Jurnal proses adalah laporan atau data proses trading yang sudah dilakukan. Misalnya entry pada harga berapa dan alasannya, stop loss pada harga berapa, exit pada harga berapa dan apa alasannya, berapa risiko per transaksinya, dst. Jurnal ini dilengkapi dengan screenshot harga entry, exit, beserta informasi-informasi penting lain. Jurnal proses inilah yang dapat meningkatkan performa trading seseorang.

Dengan adanya jurnal proses seperti ini, kita bisa melihat dengan jelas kesalahan-kesalahan yang dilakukan selama trading. Kesalahan biasanya tidak terasa sewaktu trading. Trader baru akan menyadarinya setelah mengevaluasi jurnal. Seorang trader akan susah berubah kalau tidak menyadari kesalahan apa saja yang telah dilakukannya. Dengan adanya jurnal proses, si trader punya sarana untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Inilah proses perbaikan performa trading.

Sekarang, caranya bagaimana? Di awal-awal, pasti berat sekali untuk mendisiplinkan diri mengisi jurnal trading. Maka gunakan yang sederhana, jangan dibuat ribet atau terlalu banyak informasi. Berikut poin-poin yang bisa Anda masukkan dalam jurnal:

Hari ____________
Tanggal____________
Pasangan Mata Uang: _____________
Harga Entry: _____________
Alasan Entry:_____________
Stop Loss: _____________
Target Profit: _____________
Harga Exit: _____________
Profit/Loss: _____________
Evaluasi Proses: _____________ (tuliskan semua parameter untuk mengecek poin-poin penting sistem trading yang Anda gunakan, lengkapi dengan screenshot dari entry sampai exit)

Dari jurnal ini, Anda bisa melihat apakah entry yang Anda lakukan sudah sesuai trading rules yang Anda gunakan atau tidak

 

Buatnya dimana?

Anda bisa gunakan microsoft word atau excel untuk membuat jurnal trading. Atau bisa juga gunakan catatan yang terhubung dengan penyimpanan awan (cloud storage) seperti One note dan Evernote. Saya pribadi menggunakan evernote untuk jurnal trading karena terhubung dengan cloud storage untuk berjaga-jaga jika komputer atau harddisk saya bermasalah. 

 

Apa saja yang harus diamati?

Proses eksekusi dan pengambilan keputusan trading yang sudah dilakukan. Seperti yang sudah ditulis di atas, tujuan jurnal trading adalah mengukur dan sarana memperbaiki performa trading.

 

Apa cuma catatan hari ini loss berapa profit berapa?

Tidak, catatan hari ini hanya berbicara tentang hasil, tapi tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan penting mengenai apa yang sedang Anda lakukan sehingga bisa mendapatkan hasil tersebut.

Jika Anda mempunyai jurnal, maka semua kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan dalam trading bisa terlihat dengan jelas.

Terima Kasih

2020
Terima kasih Pak Rizki atas penjelasannya. Semoga barokah. Akan saya pelajari dan terapkan ilmunya. Semoga sukses selalu Pak.

Kategori Pemula

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apa Hubungan Stop Out Dan Margin Call? Fajar Hendrick B 20 17813 2015
Darimana Asal Keuntungan Trader? Jumardi 20 13169 2016
Pemula ingin gabung forex? Rozi 20 5155 2016
Beda Akun Cent Dan Micro? Rendi Supratman 19 39770 2015
Bank Statement Yang Diminta Broker Itu Seperti Apa? Mahmud 18 30305 2015
Siapa Yang Membuat Harga Bergerak? Syuhada 18 14785 2016