Advertisement

iklan

Cara Membedakan Konsolidasi Tren Dan Reversal

Tren

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

18 Agu 2016
Bagaimana cara membedakan konsolidasi yang akan meneruskan trend dan yang akan reversal?
23 Agu 2016

@ Leo:
Dengan melihat kecenderungan arah sentimen yang bisa dipantau dari indikator teknikal. Biasanya dengan indikator MACD, Bollinger Bands, parabolic SAR, RSI dan ADX.
Konsolidasi bisa terjadi untuk waktu yang lama yaitu berupa pergerakan sideways, atau dalam waktu yang relatif singkat yaitu berupa inside bar.
Pergerakan sideways bisa break pada level resistance untuk selanjutnya bergerak uptrend atau break pada level support untuk selanjutnya bergerak downtrend. Inside bar bisa break pada level tertinggi mother bar untuk selanjutnya bergerak uptrend atau break pada level terendah mother bar untuk selanjutnya bergerak downtrend.

Berikut contoh keadaan konsolidasi yang berupa pergerakan sideways dan inside bar:



EUR/USD daily: sebelumnya downtrend, kemudian sideways. Namun sentimennya akan uptrend, tampak dari titik indikator parabolic SAR yang berada dibawah bar candlestick dan indikator ADX yang berwarna hijau (dominan bullish). Ketika harga break level resistance dan kurva indikator MACD berada diatas kurva sinyal (warna merah), dan harga bergerak pada kurva upper band indikator Bollinger Bands, maka pergerakan uptrend terkonfirmasi (dalam hal ini reversal).

Demikian juga AUD/USD daily, sebelumnya downtrend hingga terbentuk inside bar. Sentimen sedang uptrend, tampak dari harga yang bergerak diatas kurva middle band indikator Bollinger Bands, kurva indikator MACD yang berada diatas kurva sinyal (warna merah) dan kurva indikator RSI yang berada diatas level 50.0. Ketika harga break level tertinggi mother bar dan titik indikator parabolic SAR berpindah kebawah bar candlestick, maka pergerakan uptrend terkonfirmasi (dalam hal ini reversal).
Semoga bisa membantu.

Kategori Tren

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Cara Mengetahui Koreksi Atau Pembalikan Trend? Agung 5 13180 25 Apr 2016
Trik Mengenali Sideway? Herza 4 3923 12 Mar 2012
Mengikuti Tren Baru Di TF 4H, Apakah Bahaya? Dedi 3 2630 20 Jul 2013
Cara Mengatasi Grafik Berbalik Arah Dari OP? Arya Mahardika 3 1996 27 Apr 2013
Menentukan open posisi saat terjadi perbedaan trend? Herli 3 1783 28 Des 2017
bagaimana cara mengedit garis tren? Reddy 3 1279 04 Mar 2017