Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

acy

iklan

FirewoodFX

iklan

Fundamental Atau Teknikal, Mana Yang Lebih Penting?

Analisa Fundamental

20 Nov 2012

dari analisa fundamental dan analisa secara tehnikal, mana yg lebih penting??? mohon bantuannya!!

20 Nov 2012

Sekedar Gambaran.

Fundamental

Faktor-faktor fundamental memberi dampak yang cukup besar terhadap pergerakan  mata uang. Suku bunga dan inflasi berhubungan langsung. Untuk setiap negara suku bunganya berbeda-beda dan ditentukan oleh institusi keuangan masing-masing. Eropa diwakili ECB (European Central Bank), Amerika diwakili Federal Reserve, Jepang diwakili BoJ (Bank of Japan), Inggris diwakili BoE (Bank of England), Switzerland diwakili SNB (Swiss National Bank) dll.

Jika bank sentral sebuah negara menurunkan suku bunga, artinya suku bunga untuk pinjaman akan turun – harga untuk meminjam akan lebih rendah. Pengukuran ini akan menuntun kepada tingginya serapan pinjaman, sampai tingginya konsumsi. Sementara tinggi dan murahnya suplai uang akan menuntun kepada menurunnya kekuatan mata uang lokal terhadap mata uang lainnya. Dapat disimpulkan bahwa menurunkan suku bunga disebuah negara bisa berdampak negatif kepada mata uangnya.

Kasus lainnya ketika bank menaikkan suku bunga, suplai uang menurun, uang yang tersedia berkurang, mayoritas orang memilih menempatkan uangnya di bank agar mendapat untung dari tingginya suku bunga. Artinya naiknya suku bunga berdampai positif terhadap mata uang dan memperkuatnya.

Sebutlah dibeberapa negara inflasi lebih tinggi dibanding suku bunga. Artinya merupakan ide buruk jika menaruh uang dibank karena inflasi akan memakan daya beli uang. Ini adalah skenario fatal bagi ekonomi negara itu. Akan lebih fatal jika suku bunga setara dengan inflasi. Di jangka panjang akan menyebabkan tingginya penurunan nilai mata uang dan berdampak buruk kepada mata uang lokal. Variasi ideal untuk perekonomian adalah jika persentase suku bunga melebihi persentasi inflasi.

Tekhnikal

teknikal adalah  membuat perkiraan-perkiraan tentang masa depan berdasarkan situasi atau kondisi saat ini. Perkiraan tersebut membantu kita untuk mengantisipasi apa yang mungkin terjadi. Misalnya, jika kita melihat mendung yang gelap pada puncak musim hujan, tentunya kita tidak akan keluar rumah tanpa mempersiapkan diri untuk menghadapi hujan lebat bukan?

Berdasarkan analogi tersebut, dapat disimpulkan bahwa mekanisme analisa teknikal persis dengan perkiraan cuaca. Caranya sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh semua orang. Weatherman tidak membutuhkan data lain untuk melakukan perkiraan selain melihat ke langit dan mengenali tanda-tanda dan kebiasaan sebelum turunnya hujan. Analisa Teknikal juga demikian, hanya membutuhkan grafik sebagai satu-satunya sumber data untuk menganalisis perilaku pasar dan menghasilkan perkiraan selanjutnya.

Banyak istilah dalam definisi analisa teknikal yang mungkin Anda temukan. Misalnya; analisa teknikal sebagai studi terhadap harga, studi terhadap perilaku pasar, terhadap grafik atau terhadap pola-pola harga. Dengan tujuan untuk mengenali tren atau mencari peluang entry & exit atau untuk memaksimalkan keuntungan. Tetapi tentu, Anda sendiri sadar bahwa perbedaan tersebut hanya sebatas penggunaan istilah yang berujung pada maksud yang sama. Pada intinya, analisa teknikal merupakan analisis terhadap perilaku pasar untuk mencari peluang-peluang transaksi.


Menurut Hemat Kami kedua duaany penting, Hanya saja tergantung dari trader tersebut. Apakah akan trade bedasarkan fundamental / Teknikal ? atau justru memadukan kedua duanya.

Thanks


Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2242 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2380 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 589 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 1802 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1622 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 581 17 Apr 2018