Advertisement

iklan

Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Hubungan Deflasi Dan Pelemahan Mata Uang

Analisa Fundamental

01 Feb 2015
mau tanya masta, kenapa negara eropa sekarang yg sedang tekena deflasi tetapi malah mata uangnya melemah terhadap USD? bukankah inflasi yg buat mata uang melemah? mohon pencerahannya masta!
03 Feb 2015

Ada beberapa hal yang membuat sebuah mata uang bisa melemah atau menguat, diantaranya adalah kondisi ekonomi negera tersebut. Sebuah mata uang melemah atau menguat terhadap mata uang lainnya dilihat dari sejauh mana keadaan negara-negara tersebut. USD menguat terhadap EUR karena kondisi ekonomi  AS sedikit lebih baik dibanding negara Eropa. Disisi lain pasar tengah terkontanimasi oleh isu kenaikan suku bunga The Fed.

Thanks.

04 Feb 2015

Jadi disini bukan hanya inflasi yang melemahkan mata uang? Saya juga bingung dengan hubungan inflasi dan deflasi ini dengan penguatan nilai mata uang. Tingkat suku bunga kan juga ada kaitannya dengan inflasi ini. Mungkin master bisa menguraikan hubungan2 ini dengan lebih jelas supaya analisanya bisa lebih gampang untuk pemula seperti saya. Thanks

06 Feb 2015

@ Alex, @ Ucup Fadila :
Benar, inflasi tinggi menyebabkan mata uang melemah, sebaliknya inflasi yang rendah akan menyebabkan mata uang menguat. Dan inflasi rendah yang terus-menerus atau deflasi akan menyebabkan mata uang terus menguat. Hal ini pernah terjadi di Jepang antara periode tahun 2000 hingga 2011 dan Hong Kong pada tahun 2002. Anda bisa lihat chart USD/JPY antara tahun tersebut maka pergerakan harganya turun atau JPY menguat terhadap USD.

Nah, menguatnya nilai tukar mata uang adalah akibat dari deflasi, tetapi deflasi sendiri adalah penurunan tingkat harga yang terus-menerus sehingga menyebabkan aktivitas perekonomian makin menurun dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan kehancuran ekonomi suatu negara. Merosotnya pendapatan sektor bisnis, investasi yang menurun drastis dan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Mengenai penyebab deflasi Anda bisa baca disini, dan dampaknya terhadap perekonomian dan mata uang Anda bisa baca disini.

Untuk itulah maka bank sentral menurunkan suku bunganya agar perekonomian bisa kembali bergairah dan beraktivitas dengan normal. Akibat dari penurunan suku bunga itu maka mata uang negara tersebut akan melemah. Inilah yang sekarang terjadi di kawasan Euro (Eurozone).
Anda bisa lihat chart EUR/USD sebelum Juni 2014 dimana ECB mulai menurunkan suku bunganya dari 0.25% ke 0.15% akibat deflasi, tampak EUR/USD masih cenderung menguat. Tetapi setelah dilanda deflasi dan suku bunga mulai diturunkan 2 kali (dari 0.25% ke 0.15%, lalu terakhir 0.05%), maka EUR cenderung melemah terhadap USD.
Jadi deflasi berakibat pada melemahnya mata uang karena bank sentral menurunkan suku bunga.
Semoga bisa membantu.

Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2242 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2381 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 590 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 1802 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1622 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 582 17 Apr 2018