Advertisement

iklan

Indikator Utk Trading Yang Paling Pas

iklan

iklan

Indikator

11 Apr 2022
Min, mau tanya ke master Seputarforex. Biasanya untuk indikator yg dipakai utk trading itu apa saja ya? Dari sekian banyak indikator, paling tdk kita mesti menguasai dan memahami berapa indikator ya min? Mkasidh dah maw jawab yah.
20 Apr 2022

@ Jumain:

Biasanya trader menggunakan kombinasi antara indikator trend dan indikator momentum. Indikator trend digunakan untuk mengetahui arah pergerakan harga (sedang uptrend / bullish atau downtrend / bearish). Sementara indikator momentum digunakan untuk mengetahui saat entry yang tepat.

Indikator trend yang sering digunakan adalah moving average, MACD, ADX, parabolic SAR dan juga Bollinger Bands. Sementara indikator momentum berupa oscillator seperti RSI dan juga stochastic.


- … Dari sekian banyak indikator, paling tdk kita mesti menguasai dan memahami berapa indikator ya min?

Benar, paling tidak Anda harus paham indikator-indikator yang kami sebutkan di atas.

 

21 Apr 2022
Apakah trader fundamental juga wajib menggunakan indikator teknikal saat entry posisi?
21 Apr 2022

@ Jihan:

Seperti disebutkan di atas, indikator teknikal digunakan untuk mengetahui arah pergerakan harga dan untuk mengetahui saat entry yang tepat. Tanpa indikator teknikal, Anda tidak mengetahui dengan pasti sentimen apa yang sedang terjadi di pasar, dan kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk membuka posisi.

Memang faktor fundamental sangat berperan dalam menentukan pergerakan harga, tetapi indikator teknikal tetap diperlukan untuk konfirmasi dan mengetahui sentimen pasar yang sedang terjadi, misal ketika terjadi divergensi belum tentu pergerakan harga mengikuti hasil rilis data fundamental, terutama data fundamental yang kurang berdampak. Dalam hal ini tanpa menggunakan indikator teknikal Anda tidak akan tahu sedang terjadi divergensi.

 

25 Apr 2022
@Jumain
Tidak ada indikator yg sempurna Mas.
Winrate wajib 70%
Contohnya
1 bulan 20x entry
TP:SL=1:1=50pips:50pips pakai 0,1 lot
14x benar=50x14=700USD
6x salah=50×6=300USD
700-300=400 USD untung perbulan.
Sia-sia cari indikator terhebat,perbaiki saja sistem trading winrate.
19 Jul 2022
Apakah indikator custom itu?
Apa benar ada indikator yang bisa di pakai di luar indikator mql
20 Jul 2022

@ Didit:

Custom indicator adalah indikator teknikal yang kita program sendiri sesuai dengan bahasa pemograman software trading yang kita gunakan. Misal jika kita menggunakan platform Metatrader 4, maka kita bisa membuat / memprogram indikator sendiri dengan bahasa pemograman MQL 4 atau MQL 4 language. Contoh custom indicators yang diprogram dengan MQL 4 bisa dilihat di sini.

- … Apa benar ada indikator yang bisa di pakai di luar indikator mql

Kalau Anda menggunakan platform Metatrader, baik itu MT4 atau MT5, maka tidak bisa menggunakan custom indicator yang tidak diprogram dengan bahasa MQL. Dalam hal ini jika Anda menggunakan platform MT4 maka harus menggunakan custom indicator yang diprogram dengan MQL 4, dan jika menggunakan platform MT5 maka harus menggunakan custom indicator yang diprogram dengan MQL 5.

Jadi setiap platform trading mempunyai bahasa peograman sendiri-sendiri yang tidak compatible antara yang satu dengan lainnya.

 

19 Sep 2022
Berapa macam indikator yang diperlukan supaya bisa membaca sinyal trading yang bagus?
19 Sep 2022

@ Kemal:

Sinyal trading yang akurat adalah dari price action yang terbentuk, sedangkan penunjukan indikator teknikal adalah untuk mengkonfirmasi validitas dari price action tsb. Misal ketika terjadi pola evening star dan indikator parabolic SAR berpindah posisi dari bawah bar candlestick ke atas bar candlestick, maka pola evening star tsb bisa dianggap valid dan trader bisa entry sell.

Penunjukan indikator teknikal sendiri memang bisa dianggap sebagai sinyal untuk entry, tetapi kurang akurat jika dibandingkan dengan penunjukan price action karena hampir semua indikator teknikal bersifat lagging atau cenderung terlambat dalam merespon pergerakan harga.

Meski demikian, jika ingin menggunakan indikator teknikal saja sebagai sinyal untuk entry, maka terapkan kombinasi antara indikator trend dan indikator momentum. Indikator trend diguaka untuk melihat arah pergerakan harga (sedang bullish atau bearish), sedangkan indikator momentum digunakan untuk menentukan saat entry yang tepat.

Indikator trend yang sering digunakan adalah moving average, MACD, ADX, dan juga parabolic SAR. Sementara indiator momentum berupa oscillator seperti RSI atau stochastic.

 

26 Sep 2022
Saya pengguna Moving Average, periode berapa yang paling direkomendasikan untuk trading dg timeframe 4 jam (H4)?
26 Sep 2022

@ Chia:

Untuk indikator moving average (MA), baik SMA (Simple MA) maupun EMA (Exponential MA), periode yang sering digunakan oleh trader adalah 8, 21, 34, 50, 55, 89, 100, 144 dan 200.

Biasanya semakin rendah time frame semakin tinggi periode yang digunakan. Misal untuk tf M30 dan H1 biasanya trader menggunakan periode 8 dan 21. Untuk H4 bisa menggunakan periode 34, 50, 55, 89 atau 100.

 

Kategori Indikator

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Trading Stochastic Sering Memunculkan False Signal? Yusron 20 4389 2014
Seputar Kinerja Indikator Stochastic? Danu Rahmat 15 427 2021
Cara setting indikator Bollinger Bands? Sunoko 14 19486 2017
Indikator Untuk Membantu Memilih Waktu Martingale? Agung 14 5228 2016
Indikator MT4 di Android? Newbie 12 9815 2016
Apa Gunanya Awesome Oscillator? Seno 11 16722 2016