Advertisement

iklan

Investasi Vtube Itu Apa Sih Pak?

Investasi

iklan

iklan

22 Feb 2021
pak saya ditawari investasi hanya bermodalkan hape saja pak. namanya vtube. apa bener ini investasi apa gimana? soalnya katanya cuma diem aja di rumah bisa dapet duit, masa iye pak?
02 Mar 2021
Untuk Alufeed MVP,

Mohon maaf sebelumnya, bahwasanya kami tidak begitu mengetahui secara pasti mengenai mekanisme transaksi VTube tersebut. Selain itu, kami juga tidak bisa mengidentifikasi apakah VTube ini dapat dikategorikan sebagai media investasi atau tidak. Namun dari informasi yang kami terima, aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Future View Tech tersebut menggunakan skema yang mirp dengan skema ponzi.

Dalam bahasa mudahnya, skema jenis ini hanya akan memberikan benefit baik berupa keuntungan/poin/reward tertentu kepada member/user/angotanya yang sudah mempunyai downline. Artinya, tentu yang paling diuntungkan dari skema ponzi ini adalah mereka yang berada di posisi paling atas (atau yang memiliki banyak member downline) pada rantai keanggotaan.

Dari sini kita bisa menyimpulkan, kemungkinan besar para member VTube dapat menghasilkan uang dengan cara saling bertransaksi dengan sesama member lain. Namun kami juga tidak bisa mengidentifikasi mengenai apa yang ditransaksikan tersebut. Dikarenakan tidak adanya kejelasan mengenai transaksi yang berlangsung (apa yang ditransaksikan, siapa yang membayar siapa, dan kemana aliran dana mengalir), aplikasi ini telah dimasukkan kedalam kategori investasi ilegal versi Satgas Waspada Investasi OJK.

Semoga bisa membantu.
04 Mar 2021
VTube tuh illegal Pak, udah jangan percaya yg bilang bakalan menghasilkan uang. Belajar trading aja jelas untungnya.
05 Mar 2021
Lah ya itu, masa iya cuma nonton iklan doang katanya bisa dapet duit.. kan konyol awokwok..

Advertiser masang iklan itu ngeluarin duit untuk nambah pangsa pasar mereka boyy.. bukan buat bayar elu-elu yang nontoni iklannya.. awokwokokw..

Saya aja beli aplikasi supaya g ada iklannya, eh masa saya disuruh nonton iklan... kan lucu..saya jelasin gitu ke para vtuber, eh saya dibilangin heaters.. parah emang sih batunya vituber..

Ragumu,, rugimu,, go diamond.. wkwkwkwk...

Ga jelas bet emang.
05 Mar 2021
@Erik Tri Cahyo Kalau yang juga lagi ngetren seperti TikTok Cash dan Snack video itu, apakah aman untuk diikuti pak?
05 Mar 2021
Untuk Boris,

Kedua layanan tersebut tidak termasuk dan tidak ada kaitannya dengan jenis investasi. Mengenai aman atau tidaknya untuk diikuti, kabar terakhir yang kami terima bahwasanya kedua aplikasi tersebut telah diblokir oleh Kominfo dan OJK. Alasannya adalah kedua entitas tersebut telah melanggar hukum perihal penyelenggaraan kegiatan transaksi elektronik.

TikTok Cash sendiri adalah platform yang menjanjikan penghasilan kepada anggotanya. Cara kerjanya-pun terdengar cukup mudah, yakni hanya menonton sebuah video pendek dari sebuah platform media sosial berbagi video pendek. Tentu saja keuntungan tersebut hanya bisa dinikmati oleh para member yang sudah terdaftar. Masalahnya adalah, aplikasi ini meminta sejumlah uang telebih dahulu untuk menyelesaikan pendaftaran. Nominalnya pun bervariasi, tergantung dari pilihan anggota itu sendiri. Transaksi inilah yang dinilai telah melanggar ketentuan kegiatan transaksi elektronik karena disinyalir telah menyelenggarakan kegiatan sejenis money game hingga akhirnya berujung kepada pemblokiran layanan ini.

Sementara Snack Video sendiri adalah platform jejaring sosial untuk berbagi video pendek. Sebenarnya tidak ada masalah pada aplikasi ini hingga akhirnya aplikasi ini menjanjikan penggunanya sejumlah keuntungan. Aplikasi ini menjanjikan keuntungan berupa koin yang nanti dapat ditukarkan menjadi real cash melalui e-wallet. Koin tersebut dapat diperoleh dengan mengajak pengguna baru atau dengan menonton sejumlah video pendek yang terdapat di aplikasi yang sama. Kemudian koin-koin tersebut dapat dicairkan (kami kurang begitu mengetahui mengenai rates konversinya berapa) menjadi real cash melalui transfer ke e-wallet pengguna. Transaksi inilah yang dinilai telah melanggar ketentuan kegiatan transaksi elektronik hingga akhirnya aplikasi ini harus bernasib sama dengan TikTok Cash.

Akhir kata, satgas waspada investasi OJK telah menyatakan kedua aplikasi tersebut ilegal. Tidak hanya karena aplikasi tersebut tidak berijin dan melanggar hukum, akan tetapi aplikasi tersebut berpotensi dapat merugikan dan membahayakan data penggunanya.

Semoga bisa membantu.
08 Mar 2021
Ya sebenernya kudu waspada aja sih klo ditawari investasi dgn iming2 hasil tinggi atau ditawari penghasilan/cara ngehasilin duit dengan mudah..

ya kali mau dpet duit tanpa kerja,, hello.. ini jaman kapan?? semuanya ya kudu usaha lah, g bisa easy dan instant gitu kali..

yutuber/konten kreator aja yg skrg jd impian smua kaum milenial, bisa ngehasilin duit tnpa kerja keras,,, nyatanya mereka harus pnya kreatifitas sendiri supaya bisa ngehasilin konten setiap hari.. selain itu juga harus punya subs dn views banyak dulu supaya bisa dpet adsense banyak..

jadi trader?? siapa bilang jd trader itu gampang boy?? cuma mantengin hp doang dapet duit?? iya kalo situ jago, kalo kaga ya yang ada malah ngabisin duti kali.. nah buat jago trading itu juga perlu belajar dan usaha dulu lah bambang..

Mau jadi penambang kripto?? ya kudu siap modal boss... lu harus punya modal buat rakit PC spek dewa dulu boss supaya bisa nambang bitcoin dan sejenisnya.. jangan ngarep klo lu cuma pake PC kentang bisa dapet bitcoin...

jd intinya,, mau apapun caranya, kalo mau dapet duit ya ada usahanya boss,, g bisa cuma ngarep enaknya doang.. masa iya nonton iklan bisa dapet uang.. hahahaha konyol,,,

di dunia ini g ada yg mudah boss,, ingat itu.. klo ada yg menawarkan seperti itu,,, ya kudu curiga aja.. jangan mau dibodohi...
08 Mar 2021
@Alufeed MVP
Mas, iklan dipasang karena sesuatu yg menarik orang banyak. Contoh youtube dulu awalnya tanpa iklan,tapi perusahaan berniat memasang iklan dan membayar ke youtube, pihak youtube memberi keuntungan juga ke youtubers.

Contoh awalnya TV tanpa iklan,karena banyak yg nonton sinetron TV,perusahaan beriklan di TV,artis TV pun dapat honor. Sekarang VTube apa yg menarik di VTube? Orang nonton iklan doang? Untuk mengejar level Diamond? Hanya beberapa orang dari puluhan ribu yg berhasil level Diamond. Untuk upgrade level harus mencari 1024 orang. Ikut beriklan,membayar level.

Ini skema Ponzi, VTube adalh penipuan dan harusnya OJK membuat CS nomor pengaduan investasi. Kasihan orang banyak terlanjur tertipu, ketika gagal bayar OJK baru bertindak blokir? Lambat banget, nasi sudah jadi bubur. OJK harusnya edukasi rakyat. Tapi susahnya di negara ini, kritik sedikit langsung diancam UU ITE.
10 Mar 2021
Tapi kenapa jenis investasi abal-abal kayak gini kok marak banget ya pak di indonesia? terus kenapa pemerintah kok g langsung ambil tindakan tegas terhadap aplikasi seperti vtube dn sejenisnya yang jelas-jelas sudah meresahkan dan merugikan banyak orang pak?

Model investasi kayak ponzi ini jelas merugikan dan harusnya pemerintah bisa menangkap orang2 penting yang berada di atas puncak ponzi ini atau meringkus pendiri vtube nya sekalian.
11 Mar 2021
@Hilda Aries
Investasi abal-abal banyak di Indonesia karena masyarakat kurang edukasi tentang investasi yg benar,ditambah fakta survey BPS Agustus 2020 dari 202 juta orang diatas 15 tahun hanya 20,7 juta orang yg berpendidikan diploma/Sarjana. 120,6 juta orang berpendidikan SMP kebawah. Ini yg buat investasi abal-abal hidup subur,masyarakat tidak diberi pengetahuan tentang dunia investasi.

Saran saya sebaiknya OJK sampai ke level kelurahan, OJK membuat hotline nomor bertanya tentang investasi. Misalnya masyarakat ditawari investasi koperasi Pandawa, kemudian orang yg mau ikut investasi bertanya ke OJK, halo OJK ada investasi bernama Pandawa, alamatnya di blabla, keuntungan 100%. Kemudian OJK cek ke lokasi melalui OJK daerah, setelah di cek OJK kabari masyarakat. Koperasi Pandawa penipu, pihak OJK segera lapor polisi.

Setiap rakyat yg mau investasi diarahkan ke halo OJK boleh atau tidak. Rakyat cuan kan pemerintah dapat untung juga dari Pajak Penghasilan NPWP, jgn rakyat dilepas gitu aja pilih investasi, giliran bodong hanya bisa blokir, mana pernah kedengaran ada yg balik uangnya, nasib rugi puluhan juta. Edukasi investasi itu wajib. Seputarforex, Inbizia adalah media yg bagus memberi pengetahuan tentang dunia investasi.
15 Mar 2021
Untuk Hilda Aries,

“Tapi kenapa jenis investasi abal-abal kayak gini kok marak banget ya pak di indonesia?”

Maraknya investasi ilegal/abal-abal di Indonesia sebenarnya disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai definisi dan jenis investasi yang aman. Selain itu, banyaknya masyarakat yang terjerumus ke lubang investasi abal-abal tersebut juga disebabkan karena sifat natural masyarakat Indonesia yang umumnya mudah tergiur dengan keuntungan. Karena faktor tersebutlah yang membuat model investasi abal-abal dapat tumbuh subur dan berkembang pesat di Indonesia dengan jumlah anggota/member yang tidak sedikit.

“terus kenapa pemerintah kok g langsung ambil tindakan tegas...”

Sebenarnya pemerintah sudah mengambil tindakan tegas dengan memblokir hingga mengehentikan layanan/aktifitas investasi abal-abal tersebut.

“Model investasi kayak ponzi ini jelas merugikan dan harusnya pemerintah bisa menangkap orang2 penting yang berada di atas puncak ponzi...”

Mengenai hal ini, pihak berwajib sebenarnya mempunyai standar prosedur dan alurnya sendiri. Dan faktanya, sudah banyak para petinggi atau pendiri investasi abal-abal (seperti MLM, arisan berantai/skema ponzi, hingga penipuan berkedok investasi) yang diringkus oleh pihak berwajib.

Semoga bisa membantu.

Kategori Investasi

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apakah tradeidr penipuan? P Mar 70 4510 07 Jun 2015
Investasi yang baik untuk modal dibawah 5 juta? Ardiansyah 9 4591 10 Jun 2016
Ijin pemerintah untuk usaha trading di Indonesia? Mr. Kayo 4 10046 01 Mei 2016
Bagaimana cara mendapatkan kembali dana yang tersedot? Tatang 4 4684 24 Mar 2015
Perusahaan resmi dan terpercaya untuk investasi forex? Lalu Samsul Aswadi 4 4420 28 Feb 2014
Cara Agar Investasi Tidak Haram? Zulfan Wahyudi 4 510 31 Okt 2020
Kesulitan Akses Seputarforex?
Buka melalui
https://bit.ly/seputarforex

Atau akses dengan cara:
PC   |   Smartphone

AWAS
Grup Telegram Palsu Mengatasnamakan Seputarforex!

Baca Selengkapnya Di Sini