Jika Sabtu Ini Mengecewakan, AUDUSD Melemah Atau Menguat?

Jurnal Trading

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

07 Sep 2012

saya ingin bertanya, jika dat sabtu ini mengecewakan, AUDUSD melemah atau menguat?

07 Sep 2012

CNY CPI y/y termasuk salah satu data ekonomi China. China Merupakan mitra dagang terbesar Australia. dan memiliki efek terhadap Mata uang AUD


Trade berdasarkan News maka efeknya

1. Harga akan bergerak sebelum data tersebut dirilis
2. Harga bergerak bersamaan dengan data  tersebut dirilis
3. Harga bergerak setelah data tersebut dirilis.

CPI adalah sebuah data Consumer Price Indeks. Dalam perekonomian CPI biasa diistilahkan sebagai index biaya hidup karena pengukurannya yang menyentuh tingkat konsumen (berbeda dengan Producers Price Index yang hanya mengukur ditingkat produsen).

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.

Thanks

16 Okt 2019

@Dika Ilham:

Secara sederhananya apabila data suatu negara membaik, maka nilai tukar mata uangnya ikut menguat dan sebaliknya apabila data suatu negara memburuk maka nilai tukar mata uang negara tersebut ikut melemah. Dalam hal ini, adapula korelasi mata uang dengan mata uang negara lain karena adanya hubungan dagang yang erat antara keduanya, seperti halnya Australia dan China. China adalah mitra dagang utama Australia maka apabila data ekonomi China membaik, hal ini memberikan pengaruh positif terhadap nilai tukar mata uang Australia.

Namu,  trading menggunakan berita tidaklah sesimple ini karena para market maker tidak hanya trading berdasarkan berita, tetapi sebelum berita dan setelah berita. Analisa fundamental yang benar akan menganalisa penguatan dan pelemahan mata uang berdasarkan 4 hal:

1. Kebijakan bank sentral

2. Keadaan makro ekonomi

3. Geopolitik

4. Hubungan dengan instrumen lainnya (intermarket analysis)

Dengan demikian, saya menyarankan untuk menggunakan berita ekonomi lebih kepada trading jangka menengah ke jangka panjang. Ikuti trend yang sedang berlangsung dan masuk pada berita-berita yang searah dengan trend tersebut.

Terima Kasih

Kategori Jurnal Trading

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Bagaimana Melakukan Evaluasi Trading? Syobirin 7 1743 03 Des 2014
Kenapa Terlalu Sering Margin Call? Dedi 5 1761 25 Agu 2016
Kenapa Trade EURUSD 30 Oktober Tiba-Tiba Terhenti? Ndah 3 1356 31 Okt 2015
tempat menulis jurnal trading? Memed 3 571 28 Jun 2018
Apakah Euro Dapat Mengimbangi USD? Gitania Bintang 2 3589 25 Mar 2013
Adakah Kemungkinan USD Menguat Dalam Waktu Dekat? Suhendra Sinulingga 2 2579 14 Sep 2012