Kapan Sebaiknya Analisa Fundamental Dilakukan?

Analisa Fundamental

Xm

iklan

Advertisement

iklan

28 Mar 2014

sore pak, saya mau bertanya. apakah benar pola grafik itu sebagian besar terbentuk dari anallisa teknikal, dan kapankah sebaiknya melakukan analisa fundamental itu?

28 Mar 2014

Pola grafik terbentuk karena aksi BUYER dan SELLER. Baik analisa teknikal atau fundamental adalah hanya usaha untuk memprediksi harga.

Jika trading berdasarkan fundamental ? maka anda perlu memperhatikan kapan data itu dirilis, berdampak tinggi atau tidak. Anda harus paham jika data positif apa efeknya terhadap mata uang, jika data negatif apa efeknya terhadapat mata uang.

Sementa jika trade berdasarkan fundamental, maka akan didapati :
1. Mata uang akan bergerak sebelum data dilis
2. Mata uang akan bergerak bersamaan dengan data yang dirilis
3. Mata uang akan bergerak setelah data dirilis.

 

Thanks

12 Jan 2018

Biasanya jarak berapa jam ya sebelum berita rilis? Misalkan mau ada rilis manufaktur inggris jam jam setengah 5, apa analisa fundamentalnya sudah bisa dilakukan jam 3 atau sebelum open market eropa?

12 Jan 2018

Untuk Niken,

Untuk data-data high, berdasar pengamatan 5 – 15 menit sebelum data tersebut dirilis, harga akan terlihat bergerak tidak teratur. Hal ini disebabkan pelaku pasar sudah masuk, baik Buyer atau seller dengan permintaan dan penawaran yang cukup besar.

Terkait analisa fundamental, pelaku pasar biasanya sudah memprediksi jauh-jauh hari sebelumnya. Kalaupun ada perubahan perkiran, hal itu memang bisa terjadi. Atau memang seperti yang anda sebutkan, analisa/perkiraan bisa dilakuan  pada hari tersebu. Jadwalnya bisa Anda cek di kalender ekonomi.


Forecast = perkiraan.
previous = sebelumnya

Untuk rilis data tanggal 17 Januari, pasar sudah memperkirakan 1.25% untuk data Overnight rate BoC (Bank Sentral kanada), naiik 0.25% dari hasil data sevelumnya.

Jika hasil perkiraan meleset, sebagian pelaku pasar biasanya :
1. Cut Loss / membiarkannya sampai menyentuh batas rugi (stop loss)
2. Cut Loss, selanjutnya membuka posisi baru, mengikuti pergerakan harga. Inilah yang disebut dengan switching.

Thanks

3 minggu

@ beni wibowo:

Chart atau grafik naik turunnya harga terbentuk dari perubahan sentimen pasar. Analisa teknikal digunakan untuk memprediksi arah trend (naik turunnya) pergerakan harga, dan mencari momentum yang tepat untuk entry, berdasarkan indikator teknikal.

- dan kapankah sebaiknya melakukan analisa fundamental itu?

Sebaiknya dilakukan setiap hari, karena berita dan data fundamental selalu berubah setiap harinya.


@ niken:

- …. Misalkan mau ada rilis manufaktur inggris jam jam setengah 5, apa analisa fundamentalnya sudah bisa dilakukan jam 3 atau sebelum open market eropa?

Analisanya dilakukan setelah data dirilis, bukan sebelumnya.

Untuk trade by news, atau entry berdasarkan rilis data fundamental:
1. Perhatikan hasil actual versus forecast dan previous-nya.
Misal data Non Farm Payrolls (NFP) AS. Data previous 200,000 job, forecast 150,000 job:
- Jika hasil rilisnya (data actual) diatas data previous dan forecast (misal 250,000 job) maka kemungkinan besar USD akan menguat.
- Jika hasil rilisnya (data actual) dibawah data previous dan forecast (misal 100,000 job) maka kemungkinan besar USD akan melemah.
- Jika hasil rilisnya (data actual) diantara data previous dan forecast (misal 175,000 job) maka unpredictable, USD bisa menguat bisa melemah. Dalam hal ini sebaiknya tunggu arah sentimen pasar sebelum entry.

2. Perhatikan revisi data. Revisi data yang telah dirilis sebelumnya akan mempunyai dampak pada pergerakan harga saat ini, tetapi biasanya dampaknya tidak sebesar hasil rilis data actual. Jika data sebelumnya direvisi menjadi lebih baik maka akan berdampak positif pada mata uang negara tersebut, dan sebaliknya.

3. Hindari entry menjelang atau pada saat rilis data, untuk menghindari slippage (loncatan harga) yang mungkin terjadi akibat volatilitas yang tinggi. Entry sekitar 30 menit setelah rilis data, yang mana arah pergerakan harga sudah jelas.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2527 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2657 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 730 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2045 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1801 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 735 17 Apr 2018