OctaFx

iklan

Kenapa Euro Melejit Padahal Tak Ada Berita Positif?

Analisa Fundamental

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

13 Jul 2012

salam master,saya ingin bertanya. ada berita apakah hari ini Euro sampai Melejit dengan cepat padahal semua berita yang saya baca tidak ada yang positif?
saya sempat profit 20 pips dan saya sekarang sedang Floating 65pips SL-1.2260.terima kasih

13 Jul 2012

Menguat nya Euro di sesi New York setelah wakil perdana menteri Spanyol mengutarakan rencana reformasi ekonomi lebih lanjut.

Di lain pihak, menteri anggaran Cristobal Montoro utarakan Spanyol akan menaikan pajak pertambahan nilai (Ppn) dari 18% menjadi 21% pada 1 September mendatang. Rencana tersebut merupakan bagian dari program penghematan senilai €65 miliar yang telah diumumkan oleh Perdana Menteri Mariano Rajoy kemarin.

Indikator False dan berita berita sebelumnya tertimpah dengan isu atau rumor rumor pasar  yang baru, padahal ini baru sekedar RENCANA dan AKAN , belum PASTI .

Perlu diketahui pasar sangat sensitif dengan berita yang sedang beredar di market. Bahkan dapat dikatakan bahwa yang menggerakan nilai tukar mata uang adalah justru berita itu sendiri. Dengan kata lain berita adalah penggerak emosi market yang mengakibatkan berubahnya titik keseimbangan pada nilai tukar mata uang

bisa dibaca baca mengenai Klik  RUMOR PASAR

sangat sulit untuk mengetahui berita yang bersifat rumor karena hal itu tidak masuk dalam kalender perdagangan yang akan dirilis . Dan   sifatnya mendadakan.

Sebaiknya memang jika terlihat akan terjadi pembalikan arah lebih baik di CUT PROFIT saja.

thanks

08 Okt 2019

@Teguh Firmansyah:

Untuk bisa trading profitable dengan berita/news, kita harus paham bagaimana sentimen pasar bekerja. Berita yang akan keluar/rilis bisa jadi telah diserap oleh pasar sebelum berita tersebut keluar. Sebagai contoh bank sentral sering mengeluarkan penyataan-penyataan yang bernada bearish sebelum menurunkan suku bunga, dan pasar bereaksi terhadapnya. Saat pernyataan tersebut keluar, harga langsung melemah sebagai respon terhadap berita tersebut. Namun, ketika berita tersebut keluar dan sesuai prediksi penurunannya, tidak ada penurunan signifikan, malah harga bergerak naik turun (sideways).

Dengan demikian, untuk bisa trading dengan news kita perlu melihat jalannya berita tersebut sejak isunya mulai berkembang. Perhatikan apakah pasar telah menyerap berita tersebut atau belum. News yang memberikan dampak paling besar pada harga adalah berita yang tidak diperkirakan/diperhitungkan oleh market.

Sebagai contoh analis/ekonom memperkirakan kemungkinan pemotongan suku bunga sangat kecil (di bawah 20%) tetapi bank sentral mengumumkan menurunkan bunga. Berita ini akan memberikan shock/kejutan bearish ke market sehingga dampak penurunannya sangat besar.

Kejadian harga Euro yang naik di tengah news negatif adalah salah satu contoh klasik pepatah lama Wall street yang berbunyi "buy on rumors and sell on news". Para market makers telah melakukan sell setelah isu euro melemah mulai berkembang dan mereka buy ketika news tersebut keluar.

Terima Kasih

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2662 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2788 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 807 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2153 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1899 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 809 17 Apr 2018