OctaFx

iklan

Keputusan ECB Dampaknya Bagi Yen Bagaimana?

Analisa Fundamental

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

24 Jan 2019

Sore,

24 jan,malam nanti ada statement ECB, mengenai kondisi terkini kawasan uni eropa secara umum di ketahui kondisi ekonomi umumnya negara anggota euro sedang down.apabila statemen dari mario draghi “dovish” dan direspon dengan melemahnya eur, apakah kondisi yen akan menguat/ melemah?..dengan belum tuntas nya brexit dan sentimen war trade usa vs china ...apakah yen masih bisa dianggap safe heaven.?..dengan berbagai faktor tersebut kiranya prediksi usd/yen malam nanti akan menguat/melemah..?

27 Jan 2019

Untuk Nandi,

Mengenai korelasi pair safe haven seperti Yen Jepang dengan pergerakan Euro saya rasa tidak memiliki korelasi yang berarti, kecuali jika terjadi ketidakstabilan politik dan ekonomi pada zona Eropa. Berita fundamental yang sangat sensitif terhadap aset safe haven adalah gejolak geo-politik global seperti keadaan Brexit, perang dagang AS-China, konflik bilateral (seperti perang), dan juga berita fundamental dari Amerika Serikat (pidato pejabat bank sentral, pidato Presiden Trump, kebijakan ekonomi The Fed, dll).

Oleh karena itu, mengenai statement ECB pada tanggal 24 Januari kemarin yang dinilai dovish memang membuat pair EUR/USD melemah. Namun tidak serta merta membuat pair safe haven Yen menguat (USD/JPY melemah). Perhatikan chart EUR/USD dan USD/JPY pada saat dan setelah konferensi pers ECB.

EU M30

Terlihat pada pair EUR/USD terlihat memulai pelemahan pada saat dimulainya konferensi pers ECB. Pasar memang sedang mencermati isi konferensi tersebut sehingga membuat Euro diperdagangkan dengan spekulasi. Namun, setelah pasar mencermati isi pidato yang dinilai dovish, maka pair EUR/USD mulai bergerak bearish secara stabil.

UJ M30

Berbeda dengan pair USD/JPY. Pair safe haven ini seolah tidak merespon konferensi pers tersebut. Tampak pada chart diatas, bahwasanya pada saat konferensi berlangsung hjngga konferensi selesai, pair ini masih bergerak dalam skala konsolidatif. Melemahnya USD/JPY (Yen menguat) pada saat konferensi berlangsung lebih disebabkan faktor teknikal yang memang sudah seharusnya membuat pair ini melemah.

Semoga bisa membantu.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2548 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2680 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 743 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2062 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1812 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 746 17 Apr 2018