Apakah Anda punya pertanyaan seputar trading?

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Mungkinkah Jadi Master Trader Dalam 1 Tahun?

Cara Trading

21 Jun 2012

siang master, mnrt master dari level ke level TRADER memakan waktu brapa lama..,trus apakah mungkin seseorang itu menjadi MASTER TRADER dlm jangka waktu 1 tahun.makasih master atas penjelesannya.

21 Jun 2012

Hal tersebut memang butuh waktu. Yang paling mudah adalah dimanakah posisi anda sekarang ? Gali potensi yang ada dalam diri anda. Anda bisa membuat target bahwa dalam sekian bulan saya harus begini. Buatlah planing  yang paling utama ketahui tipe apakah kita ? Thanks

2 minggu

@el wavi: Trading adalah skill. Skill inilah yang terus diasah hingga mencapai suatu titik, di mana trading sangat biasa dan sederhana karena pengalaman yang cukup dan pengetahuan yang mumpuni. Ada 5 level tahap yang dilalui seorang trader.

Level 1: Unconscious Incompetance (trader belum paham bahwa mereka belum kompeten/belum memiliki skill trading yang mumpuni)

Level 2: Holy Grail Seeker/conscious incompetance (trader mulai paham bahwa mereka belum kompeten dan mencari holy grail dalam trading)

Level 3: Eureka Moment (trader mulai menyadari bahwa pokok permasalahannya bukan di sistem, tapi dari mindset dan money management yang buruk)

Level 4: Conscious competence (trader telah menyadari bahwa mereka memiliki kompetensi yang diperlukan untuk bisa profit konsisten)

Level 5:Unconscious competence (trader melakukan trading seperti bakat alami dan bisa dancing in the market)

Kelima level ini memerlukan waktu yang berbeda-beda setiap orang, ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat. Setelah melihat perjalanan trading saya pribadi yang terasa lambat (kurang lebih 4 tahun), saya menyadari terlalu lama berkutat di level 2 (3 tahun), mencari sistem trading holy grail yang pasti profit dan takut loss.

Tidak jarang pula saya temui trader yang sudah lebih dari 10 tahun, tetapi masih di level 2 atau 3. Masih mencari holy grail dan gonta-ganti sistem trading, EA atau indikator. Kuncinya bukanlah di sistem tapi bagaimana kita belajar dari kesalahan dan berubah untuk tidak mengulanginya.

Untuk bisa lebih cepat naik level, salah satu yang paling membantu saya adalah membuat jurnal trading lengkap dengan gambar dan proses secara detail mulai dari sebelum hingga setelah profit/loss. Saya fokus terhadap sistem yang sesuai dengan gaya trading saya dan mengabaikan grup forex yang tidak bagus. Setelah melakukan journaling dengan disiplin, kemampuan trading saya meningkat dalam jangka waktu yang cepat, dan yang paling penting saya tidak mengulangi kesalahan-kesalahan saya yang telah berulang-ulang dilakukan.

Untuk menjadi trader yang sukses, anda harus bisa terus belajar dari kesalahan diri sendiri dan tidak mengulanginya.

Terima Kasih.

Kategori Cara Trading

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apakah Open Order Ada Batas Waktunya? Jacob 7 11399 15 Mei 2015
Trading Untuk Wanita Karir? Monika Luhung 7 491 31 Jan 2019
Cara menentukan lot transaksi? Rega 6 6114 07 Jan 2017
Cara trading super simpel tapi profitable? Adi Handoko 6 2902 05 Jan 2017
Perbedaan Akun Standar, Mini dan Mikro? Junaidi 6 967 02 Des 2018
Waktu trading pair EURUSD? Adi Ms 6 223 07 Mei 2012