Advertisement

iklan

Pengaruh Penjualan Bond Yield Obligasi Terhadap Mata Uang

iklan

iklan

Ekonomi

2013

tnya masta apa pengaruh penjualan bond yield obligasi klo naik atau turun terhadap mata uang tsb...trims masta

2013

Menurut kami penjualan Obligasi ini efeknya tidak terlalu besar. Hanya saja memang menjadi perhatian pasar. beberapa hari lalu,  Penurunan yield obligasi AS dan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menunda tapering program stimulusnya hingga tahun depan terus membebani dollar AS.  Maka bisa diambil kesimpulan, penurunan Obligasi bisa membebani mata uang negara yang bersangkutan.

Thanks.


2019

@dadang: Pengaruh penjualan bond yield atau hasil imbal obligasi terhadap nilai suatu mata uang bisa berdampak positif atau negatif. Hal ini dikarenakan para investor besar maupun korporasi membeli obligasi dalam jumlah besar sebagai salah satu instrumen portofolio mereka. Obligasi khususnya obligasi pemerintah diburu oleh investor sebagai instrumen yang menawarkan keuntungan dengan resiko kecil.

Pengaruh positif terhadap mata uang terjadi apabila nilai hasil obligasi (bond yield) naik, yang menyebabkan para investor tertarik untuk lebih membeli obligasi tersebut karena menawarkan hasil keuntungan yang lebih besar daripada sebelumnya. Dengan adanya pembelian yang lebih besar, maka akan terjadi penguatan nilai mata uang tersebut disebabkan aliran dana yang masuk ke pemerintah.

Pengaruh negatif terhadap mata uang terjadi apabila nilai hasil obligasi (bond yield) turun, yang menyebabkan para investor kurang berminat untuk membeli dan sebagian investor menjual obligasi tersebut karena hasil keuntungan yang ditawarkan lebih kecil dari sebelumnya. Dengan adanya pengurangan pembelian atau penjual obligasi oleh investor tersebut maka akan terjadi pelemahan nilai mata uang tersebut disebabkan kurangnya dana yang masuk ke pemerintah.

Terima Kasih

Kategori Ekonomi

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Berapa nilai tertinggi dan terendah EURUSD? Teguh 9 7682 2012
Perbedaan Bursa Efek, Saham, Obligasi? Irman 7 990 2020
Apakah EUR dapat mengimbangi USD sebagai mata uang paling konv... Wayfquy Asdrianti 5 7596 2013
Cara menganalisa pergerakan kurs mata uang menggunakan siklus ... Surya 4 11103 2013
Data CPI Indonesia? Hilman 4 248 11 Apr 2022
Dampak negatif suku bunga rendah? Dodi Bonvis 3 5489 2015