Pengaruh Stimulus Fed Bagi Dolar

Analisa Fundamental

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

06 Jan 2013

mau tanya masta. klo the FED mau menambah stimulus lg tak terbatas. apa pengaruh nya terhadap Dolar itu sendiri?? menguat atau melemah??

06 Jan 2013

Arti Stimulus adalah Pendorong / rangsangan.

Ada Stimulus Moneter ( keuanngan )  ada Stimulus Fiskal ( Pajak )

Kita sering mendengan Kebijakan Moneter. Sementara artinya adalah Kebijakan Moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Usaha tersebut dilakukan agar terjadi kestabilan harga dan inflasi serta terjadinya peningkatan output keseimbangan.

Pengaturan jumlah uang yang beredar pada masyarakat diatur dengan cara menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar.

Sementara Kebijakan Fiskal adalah suatu kebijakan ekonomi dalam rangka mengarahkan kondisi perekonomian untuk menjadi lebih baik dengan jalan mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan ini mirip dengan kebijakan moneter untuk mengatur jumlah uang beredar, namun kebijakan fiskal lebih mekankan pada pengaturan pendapatan dan belanja pemerintah.

Instrumen kebijakan fiskal adalah penerimaan dan pengeluaran pemerintah yang berhubungan erat dengan pajak. Dari sisi pajak jelas jika mengubah tarif pajak yang berlaku akan berpengaruh pada ekonomi. Jika pajak diturunkan maka kemampuan daya beli masyarakat akan meningkat dan industri akan dapat meningkatkan jumlah output. Dan sebaliknya kenaikan pajak akan menurunkan daya beli masyarakat serta menurunkan output industri secara umum.


Dampak lainnya dari program stimulus ini adalah dolar akan banjir membuat dolar akan menjadi lebih murah sehingga berpotensi mendorong naik harga komoditas.

Thanks.


23 Okt 2019

@ Dadang Sdrjt:

Jika The Federal Reserve (The Fed) menambah stimulus, maka pengaruhnya terhadap US Dollar adalah melemah, karena jumlah uang yang beredar (USD) bertambah banyak. Tujuan stimulus adalah untuk meningkatkan jumlah uang beredar guna mengerek tingkat inflasi. Stimulus adalah salah satu instrumen klasik bank sentral untuk menggenjot aktivitas perekonomian.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2548 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2680 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 743 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2062 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1812 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 746 17 Apr 2018