Apakah Anda punya pertanyaan seputar trading?

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Pernyataan Bank Sentral Lebih Berdampak Daripada Rilis Data, Setujukah Anda?

Analisa Fundamental

28 Okt 2015
Salam Master, berdasarkan pengamatan saya selama ini, ternyata rilis data ekonomi itu hanya berdampak sementara pada market. setelah itu, market akan kembali mengikuti trennya. yg paling berdampak sebenarnya pernyataan dari para gubernur bank sentral. apakah master setuju dengan saya??? tolong pencerahannya master.
30 Okt 2015

@ Tria Sinulingga:
Untuk dampak rilis data fundamental, secara individual memang bisa menyebabkan naiknya volatilitas sementara terutama untuk data yang berdampak tinggi, tetapi akumulasi beberapa data fundamental yang berdampak sama bisa mempengaruhi trend pergerakan nilai tukar mata uang tersebut dalam jangka panjang.
Misalnya data tenaga kerja AS yang membaik (NFP, pengangguran) dan juga membaiknya data-data yang menunjang inflasi (misal harga perumahan, PPI, dsb) telah menyebabkan USD cenderung menguat ketika The Fed menjalankan program tapering di tahun 2014. Hal ini disebabkan karena The Fed merencanakan akan menaikkan suku bunga acuannya setelah tapering selesai.

Pernyataan para petinggi bank sentral memang bisa menyebabkan naiknya volatilitas , namun tidak selalu berdampak jangka panjang kecuali didukung oleh rilis data fundamental atau pernyataan petinggi lainnya. Selain itu yang bisa berdampak langsung pada pasar adalah intervensi bank sentral, seperti Bank of Japan (BoJ) yang sering kali melakukan intervensi ketika Yen menguat versus US Dollar.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2424 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2556 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 680 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 1940 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1726 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 678 17 Apr 2018