Rugi Atau Tidak Ya SF?

Psikologi

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

19 Apr 2018
Semangat pagi masta,mau tanya saya trading akun cent,modal 1jt sudah profit 1,8jt sudah saya wd,setelah itu saya trading lagi dan loss atau mc.apakah itu.bisa disebut rugi apa profit masta?terkadang perasaan masih ada rasa kecewa.
20 Apr 2018

@ Arudo:

Anda pernah profit 80% dan juga rugi, dalam waktu berapa lama, dan persentase profit / loss-nya berapa?
Dalam trading, yang harus dicapai adalah besarnya total persentase profit dalam periode waktu tertentu. Atau besarnya total persentase profit setelah sekian kali melakukan trade. Periode waktu atau jumlah trade tersebut harus Anda tentukan sendiri. Misal target saya profit sekian persen setelah sebulan, atau target saya profit sekian persen setelah 50 kali trade.

Anda tidak bisa menargetkan harus selalu profit setiap kali masuk pasar karena adanya faktor resiko. Dengan risk/reward ratio minimal 1:1 setiap kali entry, dalam jangka menengah panjang total hasil trading Anda akan bisa profitable, tetapi harus dengan sistem trading yang profitable. Jadi keberhasilan dalam trading tidak bisa dilihat dalam jangka pendek, harus dalam jangka menengah panjang.

Tanpa sistem trading yang profitable Anda tidak akan bisa profit dengan konsisten.
Sistem trading terdiri dari metode, strategi entry dan exi,  dan money management. Metode entry dan exit menggunakan analisa teknikal, strategi entry bisa berdasarkan analisa teknikal atau analisa fundamental, sedang pengaturan money management terdiri dari risk management dan risk/reward ratio setiap kali entry.

Kalaupun Anda sudah punya sistem trading andalan, kerugian dalam trading tidak bisa dihindari dan pasti akan terjadi, tetapi Anda bisa mengendalikannya dengan mengatur besar kecilnya kerugian per trade yang Anda sepakati (yang bisa Anda relakan).
Jadi agar tidak cepat terkena margin call maka Anda harus memperkecil resiko atau batas kerugian Anda per trade, misalnya 2% atau 5% dari equity Anda. Itulah nilai stop loss Anda per trade dalam satuan uang, setelah itu baru Anda konversikan dalam pip dan Anda tentukan besarnya lot atau volume trading.
Untuk keterangan lebih lanjut bisa baca: Belajar Memahami Money Management
Setelah menentukan volume trading (position sizing), maka agar dalam jangka panjang hasil trading Anda bisa profit Anda harus menentukan risk/reward ratio pada setiap trade lebih tinggi dari 1:1.

Setelah menemukan sistem trading, langkah berikutnya:
- Uji sistem tersebut dengan backtest (ditest pada kondisi pasar yang telah lewat), atau forward test (ditest pada kondisi pasar sekarang dalam account demo), dan lihat persentase profitnya. Kalau persentase profit kurang dari 50% benahi lagi sistem tersebut.
- Buat rencana trading yang jelas, lengkap dengan kriteria untuk entry dan exit, resiko per trade dan risk/reward ratio. Jalankan rencana trading tersebut dengan disiplin, dan kendalikan emosi sewaktu trading. Rencana dan proses trading seharusnya tidak dipengaruhi oleh emosi.
- Buat jurnal trading untuk evaluasi. Benahi mana yang kurang dan tingkatkan persentase keuntungannya.

Selamat mencoba dan semoga sukses..

Kategori Psikologi

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Bagaimana Mengembalikan Semangat Trading? Romado Thesis 5 3148 21 Sep 2012
Berapa Banyak Orang Sukses Karena Forex? Jumardi 4 5511 08 Sep 2014
Saran Agar Mental Kuat Hadapi Profit Dan Loss? Miftah 3 2312 20 Jun 2012
Ingin meyakinkan diri untuk trading for living? Abdul Rohman 3 1459 23 Apr 2016
Langkah Recovery Setelah Floating? Umzah 3 1422 15 Apr 2015
Cara melatih disiplin trading? Aprillia M 3 1006 20 Apr 2018