Saya Seolah Diburu Pasar

Psikologi

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

15 Jan 2019

Trading kok mengerikan sekali ya, saya merasa seperti diburu pasar. Saat saya pasang posisi, mrk selalu jalan di arah yg berlawanan dengan entry saya. Apa pasar memang punya potensi memburu seperti itu?

16 Jan 2019

@ Herliman Suparman:

- … Saat saya pasang posisi, mrk selalu jalan di arah yg berlawanan dengan entry saya.

Keadaan seperti itu sangat umum dialami para trader yang tidak memiliki sistem trading yang bisa diandalkan. Dalam hal ini mereka trading berdasarkan prasangka, analisa yang sangat dangkal atau ala kadarnya, dan juga bersifat coba-coba (trial and error).

- Apa pasar memang punya potensi memburu seperti itu?

Tidak. Andalah yang memburu pasar (trade hunter).
Pasar selalu bergerak tanpa mempedulikan posisi trader. Pergerakan pasar dipengaruhi oleh banyak faktor yang sangat kompleks, tidak hanya permintaan dan penawaran dari para trader.

Solusinya:
Anda harus mempunyai sistem trading yang bisa diandalkan. Sistem trading terdiri dari metode, strategi entry dan exit dan strategi money management.

1. Cari sistem trading yang profitable.
Sistem trading terdiri dari metode, strategi entry dan exit dan strategi money management. Metode meliputi indikator teknikal yang digunakan, dan biasanya disesuaikan dengan type trading Anda, apakah ingin trading dalam jangka pendek (scalping atau trading harian), jangka menengah atau jangka panjang. Money management meliputi besarnya resiko per trade dan risk/reward ratio yang agar profitable sebaiknya lebih besar dari 1:1.

2. Uji sistem tersebut dengan backtest (ditest pada kondisi pasar yang telah lewat) dan forward test (ditest pada kondisi pasar sekarang dalam account demo), dan lihat persentasi profitnya. Kalau persentasi profit kurang dari 50% benahi lagi sistem tersebut.

3. Buat rencana trading yang jelas, lengkap dengan kriteria untuk entry dan exit, resiko per trade dan risk/reward ratio.

4. Jalankan rencana trading tersebut dengan disiplin, dan kendalikan emosi sewaktu trading. Rencana dan proses trading seharusnya tidak dipengaruhi oleh emosi.

5. Buat jurnal trading untuk evaluasi. Benahi mana yang kurang dan tingkatkan persentasi keuntungannya.
Selamat mencoba dan semoga sukses..

 Baca juga: Masuk Pasar Dan Lupakan Trading, Lanjutkan Aktivitas Sehari-hari

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kunci sukses dalam trading yang sebenarnya adalah money management. Sehebat apapun sistem trading Anda, tanpa money management yang memadai, profit yang konsisten akan sulit dicapai.

Semoga bisa membantu.

Kategori Psikologi

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Bagaimana Mengembalikan Semangat Trading? Romado Thesis 5 3141 21 Sep 2012
Berapa Banyak Orang Sukses Karena Forex? Jumardi 4 5507 08 Sep 2014
Saran Agar Mental Kuat Hadapi Profit Dan Loss? Miftah 3 2309 20 Jun 2012
Ingin meyakinkan diri untuk trading for living? Abdul Rohman 3 1457 23 Apr 2016
Langkah Recovery Setelah Floating? Umzah 3 1421 15 Apr 2015
Cara melatih disiplin trading? Aprillia M 3 998 20 Apr 2018