Apakah Anda punya pertanyaan seputar trading?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Setelah Potong Suku Bunga, Kenapa NZD Malah Menguat?

Analisa Fundamental

11 Agu 2016
Master kenapa ya kiwi cutrate tapi actionnya kiwi malah menguat
12 Agu 2016

@ Irfan:
Karena sentimen pasar. Statement RBNZ bulan Juni lalu telah mengisyaratkan akan adanya cut rate pada bulan ini, jadi pasar sepenuhnya telah mendiscount pemotongan suku bunga (OCR) tersebut. Sentimen tersebut didasarkan pada isi statement bulan Juni bahwa dengan cut rate RBNZ akan bisa mengejar target inflasi dan pertumbuhan. Pasar mengabaikan isi statement seusai meeting kemarin yang dovish.

Sentimen pasar yang seperti ini juga terjadi pada AUD 2 Agustus lalu dimana RBA cut rate AUD malah menguat. Kasus RBNZ dan RBA tersebut berbeda dengan kasus BoE yang juga melakukan cut rate namun GBP melemah karena menurut analis dampak Brexit cukup kompleks dan tidak bisa diatasi hanya dengan cut rate.

Penguatan NZD/USD yang telah melampaui level bulan Juni 2015 itu membuat gubernur RBNZ Graeme Wheeler pusing karena kebijakan cut rate yang seharusnya memperlemah NZD (seperti yang diharapkannya) malah tidak berjalan sebagaimana mestinya (baca juga: Kiwi Rallies Despite Rate Cut, Crude Drops On Inventories).

Secara analisa fundamental tradisional, memang jika terjadi cut rate mata uang akan cenderung melemah seperti pada analisa kami tanggal 10-11 Agustus kemarin, tetapi trading semestinya tidak hanya mengandalkan analisa fundamental, melainkan harus dikombinasikan juga dengan analisa sentimen dan analisa teknikal.

Secara teknikal, tampak bahwa sebelum pengumuman suku bunga pergerakan NZD/USD memang sedang bullish. Pada time frame H1 terjadi koreksi tetapi belum melampaui level Fibo retracement 50%, dan setelah cut rate trend tetap bullish.

Untuk data yang berdampak tinggi seperti itu sebaiknya tidak entry pada saat rilis berita, tetapi tunggu sekitar 30 menit setelahnya untuk mengetahui arah sentimen pasar.

Semoga bisa membantu

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2424 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2556 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 680 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 1941 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1726 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 678 17 Apr 2018