Tidak Ada Pendukung Fundamental, Kenapa EUR/USD Terus Menguat?

Analisa Fundamental

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

13 Mar 2014

master saya mau tanya,
kenapa EURUSD terus menguat, padahal tidak ada news fundamental yg mendukung euro? apakah yg bisa membuat euro melemah? thanks.

13 Mar 2014

Perlu diketahui, pergerakan harga dipengaruhi oleh sentimen pasar yang bisa digerakkan oleh berbagai macam hal, baik dari sisi fundamental maupun teknikal. Dari sisi fundamental pun, penggerak harga tidak hanya berasal dari sisi satu mata uang, tapi juga perpaduan dengan kondisi fundamental pada mata uang lainnya dalam pair tersebut.

Dalam kasus EUR/USD, Zona Euro boleh jadi sedang tidak memiliki berita fundamental yang mendukung kenaikan Euro, tapi di saat yang sama, kemungkinan ada pendorong dari AS atau bahkan berita global yang menyebabkan pelemahan Dolar AS. Apabila pasar secara aktif menjual Dolar AS, maka Euro sebagai pasangan USD di pair EUR/USD tentu secara otomatis akan menguat.

Di luar faktor fundamental, outlook teknikal juga bisa menjadi katalis, terutama jika harga sedang mengalami oversold, atau berada di sekitar level psikologis yang mendorong pelaku pasar untuk melakukan aksi buy.

Satu lagi hal yang bisa menjadi penyebab harga menguat meskipun tak ada berita fundamental mendukung adalah aksi profit-taking investor. Dalam hal ini, investor sebelumnya telah melakukan aksi jual dan pada titik tertentu menutup posisi mereka untuk merealisasikan profit, sehingga secara otomatis akan menaikkan posisi Euro terhadap Dolar AS.

Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2552 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2685 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 745 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 2067 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1829 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 746 17 Apr 2018